Ukuran Pass Foto 2×3, 3×4, 4×6 dan Cara Membuatnya

Kebutuhan akan pas foto tidak hanya terbatas pada tujuan administratif, tetapi juga kadang untuk disimpan sebagai kenangan. Mengetahui ukuran pass foto dan hal yang berkaitan dengannya menjadi penting agar tujuan mencetak foto hasilnya sesuai ekpektasi.

ukuran pass foto
ukuran pas foto. Foto: abiphone.com

Artikel abiphone.com akan membahas ukuran pass foto, mengulas berbagai dimensi yang umum digunakan, serta memandu Anda melalui proses pengeditan pas foto secara online. Dengan dukungan berbagai editor foto online seperti Fotor, PhotoCat, IDPhotoDIY, Pixlr, BeFunky, iPiccy, dan Adobe Photoshop Express, Anda bisa menghasilkan foto untuk Anda cetak foto sendiri dengan printer atau studio foto terdekat.

Kegunaan Ukuran Pass Foto

Pas foto memiliki peran penting dalam berbagai keperluan administratif, seperti melamar pekerjaan, membuat SIM, SKCK, pendaftaran CPNS, buku nikah, dan pendaftaran mahasiswa.

Setiap instansi atau perusahaan umumnya memiliki ukuran pass foto yang berbeda-beda, sehingga penting untuk menyesuaikannya dengan persyaratan yang berlaku. Pastikan Anda mengetahui apakah pas foto 2×3, 3×4 atau 4×6 yang mereka persyaratkan.

Ada juga yang menyimpan pass foto sebagai kenangan yang berharga. Selain itu, foto kecil yang disimpan di dompet menandakan kecintaan terhadap sosok yang ada dalam pass foto tersebut.

Ukuran Pass Foto

Ukuran untuk pas foto umumnya tiga jenis, yaitu: 2×3, 3×4, 4×6. Tanda ‘x’ dalam ukuran pas foto seperti 2×3, 3×4, dan 4×6 memiliki arti bahwa angka pertama mewakili lebar foto, sedangkan angka kedua mewakili tingginya. Jadi, tanda ‘x’ tersebut menunjukkan perbandingan antara lebar dan tinggi foto dalam satuan yang sama.

Macam Ukuran Cetak Foto dan Peruntukkannya

  • Pas foto 2×3: Lebarnya adalah 2,16 cm dan tingginya 2,79 cm.
  • Pas foto 3×4: Lebarnya adalah 2,79 cm dan tingginya 3,81 cm.
  • Pas foto 4×6: Lebarnya adalah 3,81 cm dan tingginya 5,59 cm.
UKURANPas Foto 2×3Pas Foto 3×4Pas Foto 4×6
CmLebar: 2,16, Tinggi: 2,79Lebar: 2,79, Tinggi: 3,81Lebar: 3,81, Tinggi: 5,59
InciLebar: ~0,850, Tinggi: ~1,098Lebar: ~1,098, Tinggi: ~1,500Lebar: ~1,500, Tinggi: ~2,201
Pixel (300 DPI)Lebar: ~255, Tinggi: ~329Lebar: ~329, Tinggi: ~450Lebar: ~450, Tinggi: ~661

Ukura Pas Foto Editor Online

Berikut adalah beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk mengedit pas foto secara online:

Fotor

Fotor bukan hanya penyedia layanan edit foto, tetapi juga ahli dalam mengubah ukuran foto dengan presisi. Alat pengeditan yang canggih memungkinkan Anda mengubah dimensi foto dengan mudah, menjaga kualitas tanpa kompromi.

PhotoCat

PhotoCat menyederhanakan proses pengubahan ukuran foto dengan antarmuka yang intuitif. Dengan beberapa klik, Anda dapat mengatur dimensi foto sesuai kebutuhan Anda, memberikan kemudahan tanpa mengorbankan detail.

IDPhotoDIY

Fokus utama IDPhotoDIY.com adalah pada kemampuan untuk membuat foto paspor atau visa dengan dimensi yang sesuai. Dengan alat pengeditannya, Anda dapat mengubah ukuran foto secara tepat sesuai standar dokumen resmi.

Pixlr

Pixlr memberikan fleksibilitas tanpa batas dalam pengubahan ukuran foto. Dengan beragam alat dan kemampuan membuka berbagai format gambar, Anda dapat mengukur dimensi foto dengan kebebasan penuh.

BeFunky

BeFunky menyajikan solusi cepat dan efisien untuk mengubah ukuran foto. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, Anda dapat dengan cepat menyesuaikan dimensi foto sesuai keinginan tanpa kesulitan.

iPiccy

iPiccy, dengan antarmuka yang sangat ramah pengguna, memungkinkan Anda untuk dengan mudah memangkas dimensi foto. Cocok bagi yang mencari kemudahan dalam mengubah ukuran tanpa harus melewati proses rumit.

Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express tidak hanya menyediakan fitur dasar, tetapi juga memberikan kontrol penuh pada pengubahan ukuran foto. Dengan alat yang lengkap, Anda dapat menyesuaikan dimensi sesuai keinginan dengan keahlian Photoshop dalam genggaman.

Pilihlah situs yang paling cocok dengan kebutuhan pengubahan ukuran foto Anda. Dengan alat yang tepat, Anda dapat menghasilkan foto dengan dimensi yang pas dan sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Cara Edit Pas Foto Online

Sebelum Anda mengunjungi foto studio terdekat untuk mencetak pas foto, terkadang Anda perlu menyesuaikan hasil foto Anda. Nah, editor foto online adalah tempat yang tepat untuk menyesuaikan tampilan dan ukuran pas foto Anda.

  1. Kunjungi Situs foto editor Online

Anda bisa memilih situs editing foto online untuk pas foto seperti: Fotor, PhotoCat, IDPhotoDIY.com, Pixlr, BeFunky, iPiccy atau Canva. Semua websiter tersebut merupakan editor foto online gratis yang bisa dicoba.

  1. Pilih, Upload dan Sesuaikan

Untuk pas foto yang sempurna, pilih foto yang terbaik. Pastikan foto yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang ditetapkan. Selanjutnya, unggah foto tersebut ke situs pengeditan foto online pilihan Anda.

Setelah berhasil diunggah, fokuslah pada langkah kedua: memotong foto. Alat khusus untuk cropping yang disediakan oleh situs pengeditan foto online akan membantu Anda menyesuaikan ukuran foto dengan standar pas foto yang diinginkan. Pastikan untuk memperhatikan setiap detail agar hasil akhir tetap proporsional dan sesuai.

  1. Editing

Saat foto sudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan, langkah berikutnya adalah memulai proses editing. Atur pencahayaan, warna, dan eksposur foto. Pastikan foto wajah jelas terlihat.

Jika Anda belum mahir mengolah foto, jangan khawatir! Saat ini editor foto online telah menyediakan banyak filter otomatis berbasis Ai yang mampu menjadikan pas foto Anda menarik dengan instan.

Selain objek foto, terkadang Anda perlu merubah background. Umumnya warna merah dan biru menjadi background yang digunakan untuk adminitrasi. Anda juga bisa melakukannya dengan edit latar belakang foto online yang banyak tersedia.

  1. Simpan dan Unduh

Setelah semua penyesuaian selesai dilakukan, saatnya untuk menyimpan hasil karya Anda. Pastikan untuk memilih format penyimpanan, dianjurkan pilih, Jpg, Jpeg, PNG (Transparan), atau SVG.

Disarankan untuk menggunakan resolusi 300 Dpi, terutama jika foto tersebut akan digunakan untuk keperluan resmi atau administratif. Terakhir, unduh foto Anda dengan bangga karena sekarang Anda memiliki pas foto yang memukau!

Contoh Ukuran Pass Foto

Berikut contoh ukuran pass foto beserta gaya dan warna background yang bisa Anda praktikkan:

contoh ukuran pass foto

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tidak hanya dapat mengedit pas foto secara online dengan mudah, tetapi juga mengekspresikan kreativitas Anda melalui hasil akhir yang memukau.

Sebelum Anda memilih situs untuk mengedit pas foto online di atas, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan. Beberapa situs mungkin memiliki fitur atau alat yang lebih cocok untuk Anda daripada yang lain.

About Phone

Check Also

Ukuran Spanduk

Ukuran Spanduk Standar yang Paling Umum

Spanduk adalah salah satu media informasi yang diandalkan oleh banyak organisasi komersil dan non-komersil untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *