Pengertian Brainware, Komponen, Fungsi dan Contohnya

Brainware adalah istilah lain dalam dunia komputer selain software dan hardware. Apa itu brainware? Apa saja contoh dari brainware? Ada berapa jenis brainware?

Selain pengertian serta jenisnya, Anda juga perlu memahami berbagai hal lain yang berkaitan dengan brainware. Temukan informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian dari Brainware

Pengertian dari Brainware

Pada umumnya, brainware adalah istilah untuk orang yang mengoperasikan atau menggunakan perangkat komputer. Jadi sebenarnya hanya sebutan bagi manusia yang mempunyai kemampuan dalam menjelajah software dan hardware pada sebuah komputer.

Sistem komputer tidak pernah terlepas dari software, brainware, dan hardware. Brainware mempunyai sebutan lain yaitu perangkat intelektual. Istilah ini sangat cocok untuk brainware karena software dan hardware tercanggih pun tidak akan bisa beroperasi tanpa adanya brainware.

Contoh Brainware

Sebenarnya sudah sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak contoh yang paling umum ditemui:

1. Netter

Contoh brainware Netter

Netter adalah sebuah istilah untuk pengguna internet yang aktif mencari informasi. Yang bisa digolongkan sebagai netter adalah individu yang menggunakan koneksi internet untuk mencari informasi, organisasi, dan kelompok perusahaan.

2. EDP Department

EDP Department

EDP Department adalah suatu bagian dari sebuah perusahaan yang juga dikenal dengan nama departemen IT. Departemen ini juga dikenal sebagai suatu pengolah data dalam bentuk elektronik yang dipunyai oleh perusahaan. Metode otomatis digunakan dalam pengolahan data dengan teknologi.

3. Network System

Network System

Sistem operasi dengan tugas utama menangani sistem yang ada dalam jaringan komputer. Network system terdiri dari berbagai layanan yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna komputer.

Berbagai Macam Jenis Brainware

Setelah memahami bahwa brainware adalah istilah yang diperuntukkan bagi pengguna komputer, Anda tentu ingin tahu apa saja jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

1. Operator Komputer

Jenis brainware Operator Komputer

Yaitu tanggung jawab utama menggunakan sistem pengolahan data yang berhubungan dengan perangkat komputer. Operator komputer biasanya mengikuti instruksi yang diberikan oleh programmer. Operator tidak boleh mengubah pekerjaan programmer.

2. Teknisi Komputer

Teknisi Komputer

Bagian ini mengemban tugas untuk memaintenance seluruh perangkat komputer terutama saat terjadi masalah. Seorang teknisi harus benar-benar memahami semua permasalahan yang timbul di komputer dan perangkat yang berhubungan dengan komputer.

3. Trainer

Trainer

Adalah brainware khusus yang mempunyai pengetahuan yang lebih luas dan lebih banyak. Seorang trainer mempunyai tanggung jawab untuk mengajar atau mendidik orang lain tentang perangkat komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengan jaringan komputer.

4. Konsultan

Konsultan

Jenis ini mempunyai tanggung jawab memberikan nasehat atau konsultasi. Bagian ini harus sangat memahami bidangnya sehingga mampu menyediakan nasehat atau konsultasi yang tepat.

5. Project Manager

Project Manager

Merupakan brainware lain dengan tugas utama memimpin sebuah proyek tertentu yang berkaitan dengan jaringan dan perangkat komputer. Seorang project manager harus mempunyai kemampuan yang bagus dalam menjalankan kepemimpinan, agar proyek yang dipimpinnya bisa berlangsung dengan sukses.

6. Programmer

Programmer

Programmer mempunyai tanggung jawab serta tugas untuk membuat suatu program dengan tujuan utama untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia. Program komputer tersebut harus memudahkan manusia dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan.

7. Spesialis Jaringan

Spesialis Jaringan

Berikutnya merupakan seseorang yang sudah benar-benar ahli terutama dalam dunia jaringan komputer. Spesialis jaringan memiliki tanggung jawab yang penuh dalam bidang jaringan komputer.

8. Sistem Analis

Sistem Analis

Merupakan user komputer dengan tugas yang cukup penting terlebih dalam membuat, merancang, mengawasi, serta mengevaluasi program. Seorang analis harus sangat jeli dan berhati-hati terutama dalam membuat aplikasi dan program, sehingga tidak akan membuat kesalahan serius.

9. Database Administrator

Database Administrator

Bagian yang satu ini mempunyai tanggung jawab atas seluruh database, entah database di dalam organisasi, aplikasi, atau database lain yang sama pentingnya.

Fungsi Penting Brainware

Ada setidaknya 3 fungsi atau peranan penting dari brainware, yaitu sebagai programmer, administrator, dan operator.

1. Programmer

Fungsi brainware dalam Programmer

Programmer mempunyai keahlian yang sangat penting yaitu dalam bidang bahasa pemrograman. Keahlian itulah yang digunakan dalam pembuatan program. Program buatan programmer biasanya sangat diperlukan dalam suatu sistem komputerisasi.

Seorang programmer harus mempunyai kemampuan yang memenuhi syarat serta menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan pemrograman komputer. Programmer juga mempunyai peranan sebagai pihak yang akan menjaga kelancaran dan keamanan keseluruhan sistem komputer.

2. Administrator

Fungsi brainware di Administrator

Seorang administrator juga mempunyai peran penting atau fungsi penting dalam komputerisasi. Administrator akan berperan sebagai seseorang yang mengelola sistem komputer dan juga jaringan komputer. Hadirnya administrator akan membuat sistem bekerja dengan jauh lebih baik.

Seorang database administrator mempunyai fungsi penting untuk menjaga kelancaran dalam sistem database di sebuah perusahaan serta mengatur, mengelola, dan menyimpan data-data penting dan arsip perusahaan.

3. Operator

Operator

Bagian ini mempunyai fungsi penting dalam dunia komputerisasi. Operator adalah seseorang yang akan menjalankan suatu program atau sistem serta melakukan perawatan terhadapnya. Program dan sistem tersebut akan dijalankan seluruhnya dengan menggunakan komputer.

Contoh peranan operator adalah mempersiapkan data yang akan bisa diakses oleh perorangan maupun oleh perusahaan.

Komponen Penting dari Brainware

Sesuai dengan pengertiannya, yaitu perangkat yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang software dan hardware di perangkat komputer, brainware terbagi ke dalam 2 komponen yang berbeda, yaitu software engineer dan hardware engineer.

Tugas dari kedua komponen tersebut adalah mengoperasikan serta mengelola berbagai elemen yang berbeda di dalam komputer. Berikut ini adalah detail lengkap mengenai dua komponen tersebut:

1. Software Engineer

Software Engineer

Software engineer merupakan komponen dari yang berfokus pada pengembangan software. Komponen yang pertama ini harus mempunyai keahlian serta pengetahuan yang mendalam mengenai jaringan komputer.

Software engineer juga mempunyai tanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan metode atau teknik baru di dalam suatu jaringan komputer.

2. Hardware Engineer

Hardware Engineer

Hardware engineer juga perlu mempunyai keahlian dan pengetahuan tapi mengenai bidang perangkat keras dari suatu sistem komputer. Mereka yang bekerja sebagai hardware engineer mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan metode atau teknik baru dalam pembuatan perangkat keras.

Seluruh informasi di atas bisa disimpulkan bahwa brainware adalah seseorang yang mampu mengoperasikan hardware serta software dalam sistem komputer. Mempunyai peran yang benar-benar penting untuk mengimbangi software dan hardware agar bisa bekerja dengan semestinya.

Selain itu juga merupakan unsur penting dalam sistem serta jaringan komputer. Anda tidak bisa memisahkan brainware dari dua komponen komputer yang lain. Dengan mempelajari peranannya, Anda jadi lebih memahami pentingnya brainware dalam sistem komputerisasi.

Baca Juga:

About Mendy Ramdhiani

Check Also

Pengertian Power Supply, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Power supply merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Sesuai namanya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *