4 Cara Atasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Kode MMI merupakan suatu kode yang dimasukkan ke telepon dan biasanya berisi beberapa karakter yang diawali dengan * dan diakhiri dengan #. Kadang ada masalah kecil yaitu masalah sambungan atau kode MMI tidak valid namun menjengkelkan. Hal ini biasanya terjadi karena koneksi jaringannya tidak ada atau lemah.

Masalah ini sering terjadi di beberapa smartphone yang mempunyai fitur dual SIM, apapun mereknya. Masalah kecil ini juga bisa terjadi di kartu SIM apapun, baik Indosat, XL, Telkomsel, Smartfren, dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Kode MMI Tidak Valid

Biasanya, masalah kode MMI yang tidak valid ini disebabkan oleh sinyal atau jaringan yang lemah, gangguan jaringan, kesalahan pengaturan jaringan, dan sebagainya. Akibat dari masalah ini adalah smartphone tidak bisa digunakan untuk mengirim atau menerima SMS atau panggilan.

Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah, menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Mengaktifkan dan mematikan mode pesawat

Mengaktifkan dan mematikan mode pesawat

Cara yang pertama ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan dalam mengatasi masalah jaringan. Cukup aktifkan mode pesawat lalu tunggu selama beberapa detik. Kemudian matikan lagi mode pesawat tersebut. Mode pesawat bisa mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid. Kenapa begitu?

Ketika mengaktifkan mode pesawat, Anda sebenarnya melakukan restart terhadap jaringan. Saat mode pesawat dimatikan dan jaringan dinyalakan lagi, jaringan yang ada akan mengganti IP dan mencoba menemukan IP yang paling cepat.

2. Mengubah jaringan menjadi 3G atau 2G

Mengubah jaringan menjadi 3G atau 2G

Cara yang satu ini juga bisa dicoba untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid. Untuk mengubah jaringan menjadi 3G atau 2G ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan memasukkan kode USSD khusus yaitu *#*#4636#*#*.

Kode diatas bisa diterapkan untuk pengguna smartphone Xiaomi. Tapi khusus untuk pengguna smartphone OPPO atau Vivo, gunakan kode USSD yang berbeda, yaitu *#*#4838#*#* kemudian pilih menu informasi telepon.

3. Menghapus data aplikasi pada telepon

Menghapus data aplikasi pada telepon

Cara lain untuk mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid adalah dengan menghapus data di aplikasi. Karena salah satu penyebab munculnya masalah ini adalah adanya error atau virus di aplikasi. Untuk menghapus data pada aplikasi telepon, ikuti beberapa langkah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings kemudian cari dan temukan menu Aplikasi.
  • Selanjutnya pilih menu Semua Aplikasi lalu temukan aplikasi bawaan smartphone yaitu Telepon.
  • Tap pada aplikasi Telepon kemudian pilih bagian Penyimpanan. Lalu tap pada pilihan Hapus Data. Setelah itu tap pada tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah mengikuti langkah di atas, masalah kode MMI yang tidak valid seharusnya bisa teratasi. Masukkan kembali kode MMI dan lihat apakah cara ini berhasil.

4. Menunggu sampai jaringan normal kembali

Menunggu sampai jaringan normal kembali

Kalau semua cara di atas sudah dilakukan tetapi masalah kode MMI yang tidak valid tetap tidak bisa teratasi, Anda bisa menunggu sampai jaringan normal lagi. Lakukan pengecekan secara berkala sehingga Anda bisa tahu apakah jaringan sudah kembali normal atau belum.

Biasanya, masalah kode MMI yang tidak valid ini juga disebabkan oleh error di pihak operator telepon. Ketika jaringan sudah normal lagi seperti biasa, masalah sambungan atau kode MMI tidak valid akan otomatis teratasi tanpa perlu mengikuti beberapa langkah yang disebutkan di atas.

Baca Juga : 2 Cara Cek IMEI untuk Tahu Smartphone Resmi atau Ilegal

About Mendy Ramdhiani

Check Also

aplikasi cetak foto berbagai ukuran

10 Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran dalam Satu Lembar

Masa dimana mencetak foto dalam berbagai kualitas dan ukuran di tempat cetak foto telah berakhir. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *