Mengenal Fungsi Mouse yang Mempermudah Pekerjaan Komputer

Kamu pasti mengenal mouse, benda kecil yang dipakai untuk menggerakkan pointer ketika mengoperasikan komputer. Jadi, fungsi mouse yang paling penting adalah sebagai pointer yang berguna untuk mempermudah pekerjaan kamu.

Apa Saja Fungsi Mouse itu?

Ada banyak fungsi mouse lainnya yang bisa kamu explore, selain sebagai alat penunjuk di laptop kamu. Berikut beberapa fungsi mouse pada komputer yang perlu kamu ketahui.

1. Membuka Program

Untuk kamu yang selalu berhubungan dengan komputer dalam pekerjaannya pasti lebih memilih menggunakan mouse saat mengoperasikan komputer karena lebih mudah dalam mengeksekusi program.

Ketika ingin membuka suatu menu dalam komputer, misalnya, akan lebih mudah pakai mouse ketimbang dengan tombol keyboard.

Itulah salah satu alasan mouse banyak dipilih karena mempermudah kamu dalam membuka file atau program lainnya.

Penggunaan mouse dalam komputer terbukti mempermudah dalam memilih atau membuka program. Ketika ingin membuka satu program/file, misalnya, kamu cukup lakukan double click pada bagian kiri.

Sedangkan klik pada bagian kanan mouse akan mengeluarkan menu seperti yang tersedia dalam bar menu komputer. Jadi, untuk kamu yang ingin kerja praktis, gunakan selalu mouse saat membuka komputer.

2. Memilih Objek

Fungsi penting mouse komputer lainnya adalah dapat digunakan untuk memilih suatu objek. Dengan menggunakan mouse, kamu akan lebih mudah dalam memilih objek tertentu.

Hal ini tentu berbeda dengan ketika kamu mengoperasikan laptop tanpa menggunakan mouse. Kamu harus bekerja dua kali yakni memindahkan pointer dengan keyboard, lalu klik atau double click Pastinya cara ini kurang praktis, bukan?

Mouse juga mempercepat pekerjaan untuk menggerakkan pointer di layar monitor. Terutama untuk pilihan obyek yang memiliki ukuran kecil. Dengan menggunakan mouse, objek dengan ukuran kecil itu akan mudah terjangkau atau digerakkan.

mouse laptop

3. Drag dan Drop Lebih Mudah

Bayangkan betapa tidak praktisnya ketika kamu harus melakukan drag atau drop tanpa mouse. Pekerjaan komputer tidak lepas dari copy, paste, cut, dll.

Kamu harus melakukan itu pada bagian tertentu yang kamu inginkan.  Misalnya, ketika kamu ingin copy, tinggal klik pada bagian yang ingin Anda copy, lalu tekan atau pilih paste di tempat yang diinginkan.

Ada juga kegunaan mouse pada komputer untuk mempermudah proses perpindahan suatu objek. Kamu akan mudah melakukan move dengan cara klik dan tahan pada bagian objek yang kamu ingin pindah.

4. Mendapatkan Informasi Melalui Hover

Menggunakan mouse juga mempermudah kamu saat berselancar untuk mendapatkan informasi tentu. Ada cara praktis untuk mendapatkan informasi yakni melalui hover.

Dengan hover, kamu akan lebih mudah menempatkan pointer pada satu menu atau file. Fungsi pointer mouse berguna untuk memperoleh berbagai informasi seputar folder, menu, atau file.

Saat hover, kamu bisa memanfaatkan mouse untuk mendapatkan satu nama file dengan cepat. Situasi hover menunjukkan pointer mouse kamu berfungsi sebagai tooltips yang praktis dalam mempercepat pekerjaan kamu.

Hover Mouse

5. Mempermudah Fungsi Scrolling

Fungsi scrolling pada mouse dapat membantu mempermudah pekerjaan naik/turun page. Kamu cukup melakukan scrolling naik atau turun saat membaca teks dalam satu halaman.

Operasi scroll pada mouse umumnya berupa roda yang bisa diputar dengan jari sehingga pada layar akan bergerak naik turun sesuai gerak scroll yang kamu inginkan.

Roda scrolling umumnya mudah rusak, sehingga kamu harus berhati-hati menggunakannya. Tanpa operasi scrolling, kamu akan kesulitan saat menggerakkan halaman (naik/turun) secara manual.

6. Fungsi Lainnya

Selain 5 fungsi utama mouse diatas, ada fungsi lain dari alat ini yang sering digunakan oleh para programer saat mereka sedang melakukan bahasa program.

Lantas, bagaimana cara kerja mouse sebagai alat pendukung programer? Para programer sering memanfaatkan mouse untuk melakukan perintah-perintah tertentu sesuai bahasa program yang mereka buat.

Tips Menggunakan Mouse Agar Tahan Lama

Mouse adalah benda sensitif dan mudah rusak sehingga penggunaannya pun harus berhati-hati. Berikut tips menggunakan mouse agar awet.

  • Jauhkan dari benda-benda yang mengandung air
  • Biasakan dengan tidak menekan terlalu keras saat menggunakannya
  • Gunakan selalu mouse pad untuk menjaga kebersihan mouse
  • Jika mouse kamu menggunakan USB, jangan terlalu sering lepas pasang USB.
  • Untuk mouse yang pakai kabel agar kabel digulung dengan baik
  • Bersihkan optik mouse secara rutin untuk menjaga sensitifitasnya.

Itulah 6 fungsi mouse yang perlu kamu tahu. Ingat, mouse merupakan perangkat komputer yang perlu kamu dengan baik agar tahan lama dan tetap sensitif.

Baca Juga:

About Phone

Check Also

Tingkatan Prosesor AMD

11 Tingkatan Prosesor AMD dari Awal Sampai yang Terbaru

Ketika hendak membeli sebuah laptop, salah satu spesifikasi yang penting diperhatikan adalah prosesor. Seperti yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *