Contoh Poster Pendidikan, Hemat Energi, Kesehatan & Ramadhan

Poster merupakan bagian dari desain grafis 2 dimensi yang sering ditemukan ditempel di tempat-tempat umum dan strategis. Poster dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan berbagai informasi. Sehingga, tak heran jika ragam contoh poster yang dijumpai di lingkungan sekitar kita sangat banyak.

Contoh tersebut dibedakan menjadi banyak jenis poster, misalnya poster pendidikan, poster kegiatan, dan poster layanan masyarakat. Berikut ini beberapa poster yang banyak ditemui di tempat-tempat umum.

1. Poster Pendidikan: Ayo Membaca

Poster Ayo Membaca

Ajakan untuk senang membaca merupakan tema yang umum ditemukan pada poster pendidikan. Poster tersebut dapat dilihat pada gambar di atas. Poster ini dapat dibuat dengan desain sederhana, misalnya kalimat ajakan membaca dan gambar pendukung.

Selain itu, poster ajakan membaca juga dapat ditambah dengan kalimat motivasi. Sehingga, poster tersebut mampu membuat orang semakin termotivasi untuk rajin membaca.

2. Poster Sekolah dan Belajar

Poster Sekolah dan Belajar

Poster pendidikan ini berisi tentang ajakan tidak langsung untuk bersungguh-sungguh sekolah dan belajar agar mendapat ilmu. Tampilan poster terlihat menarik dan pesannya mudah dibaca sehingga orang yang melihatnya paham maksud dari poster ini.

3. Poster Hemat Listrik

Poster Hemat Listrik

Himbauan untuk menghemat listrik merupakan salah satu tema poster hemat energi yang sangat mudah ditemui. Ada berbagai cara untuk menghemat listrik, misalnya dengan mematikan lampu pada siang hari dan mematikan televisi jika tidak ditonton.

4. Poster Hemat BBM

Poster Hemat BBM

BBM adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui sehingga penggunaannya harus dihemat. Untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menghemat BBM, poster hemat energi seperti contoh di atas pun dibuat.

5. Poster Sosialisasi 3M

Poster Sosialisasi 3M

Demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sering menimpa masyarakat pada musim hujan. Penularan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara 3M seperti yang dijelaskan seperti pada poster di atas.

6. Poster Germas Jaga Diri dari Covid-19

Poster Germas Jaga Diri dari Covid-19

Pandemi Covid-19 telah memakan banyak korban, sehingga pemerintah menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) untuk mencegah masyarakat tertular virus covid-19. Sosialisasi germas tersebut dilakukan melalui poster seperti di atas dan media lainnya.

7. Poster Selamat Puasa

Poster Selamat Puasa

Poster ini dibuat untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Meski terlihat sederhana, namun poster selamat berpuasa ini mengandung pesan ajakan yang positif dan mudah dimengerti.

8. Poster Kegiatan Ramadhan

Poster Kegiatan Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, masjid, organisasi keagamaan, dan organisasi lainnya pasti mengadakan banyak kegiatan keagamaan, misalnya buka puasa bersama, lomba, dan kegiatan sosial.

Oleh karena itu, organisasi tersebut membuat poster kegiatan untuk menginformasikan kegiatannya. Salah satu contoh dari poster kegiatan Ramadhan dapat dilihat pada contoh di atas.

Poster adalah media komunikasi visual 2 dimensi yang terjangkau dan efektif. Oleh karena itu, tak heran jika poster sering digunakan untuk mensosialisasikan berbagai informasi, himbauan, dan ajakan.

About Mendy Ramdhiani

Check Also

Contoh Brosur

9+ Contoh Brosur Restoran, Penerimaan Siswa Baru, Medis

Di zaman sekarang, peran media periklanan memang tak pernah luput dan tak pernah surut. Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *