10 Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Efektif

Smartphone tanpa internet rasanya masih kurang karena fungsinya jadi tidak maksimal untuk menjalankan berbagai aplikasi baik untuk kebutuhan pekerjaan, bisnis, pendidikan, dan lainnya.

Namun, jaringan internet yang lemot membuat aktivitas menjadi terhambat. Bagaimana cara mempercepat koneksi internet agar lebih ngebut? Tak bisa dipungkiri bahwa internet memiliki peran penting di era digital seperti saat ini. pengguna bisa melihat dunia dengan luas dan lebih cepat.

Koneksi internet yang lancar dan cepat menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh penggunanya. Sehingga aktivitas seperti streaming video, browsing, bermain game online, dan lainnya bisa lebih lancar.

Dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, pekerjaan pun jadi tidak terhambat. Menonton hiburan secara online pun semakin menyenangkan.

Terlebih lagi saat berkomunikasi dengan pengguna lain melalui fitur video call. Ketahui cara mempercepat koneksi internet dengan mudah berikut ini, di antaranya:

1. Menggunakan Jaringan 3G, 4G, atau 5G Only

Rata-rata smartphone era saat ni sudah mendukung untuk jaringan 3G, 4G, maupun 5G. Anda bisa mengatur jaringan pada ponsel dengan menggunakan pilihan tersebut. Cara melakukan pengaturannya pun sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih Network & Internet >> Mobile Network
  • Klik Preferred Network Type
  • Pilih 3G, 4G, atau 5G

Untuk meningkatkan kecepatan koneksi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi 4G atau 4G Speed Optimizer. Kecepatan yang akan pengguna dapatkan bahkan hingga 200 persen. Pengguna juga bisa memilih dan mengatur kecepatan koneksi internet sesuai kebutuhan.

Hal ini dikarenakan aplikasi berjalan dengan memberikan tweak khusus. Sebelum menggunakan, pastikan untuk melakukan root terlebih dahulu pada smartphone.

2. Mengaktifkan Fitur Ad-Blocker

Salah satu faktor yang menyebabkan koneksi internet lambat bisa jadi karena Anda tidak memblokir iklan pada aplikasi. Akhirnya karena banyaknya iklan yang tampil dapat membuat koneksi menjadi lebih lambat atau lemot.

Cara memblokir iklan pada browser yang Anda pakai adalah dengan menggunakan aplikasi browser yang sudah memiliki fitur Ad-Blocker.

Contoh browser yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut adalah UC Browser atau Opera Browser. Pengguna bisa beralih untuk menggunakan salah satu dari browser tersebut.

3. Menggunakan VPN

VPN sering menjadi alternatif bagi pengguna smartphone untuk mengakses lebih banyak situs khususnya yang diblokir oleh pemerintah. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan bisa Anda unduh secara gratis. Tingkat kredibilitasnya pun tak perlu diragukan lagi karena terlihat dari ratingnya yang bagus.

Selain dapat membuka situs yang diblokir oleh pemerintah, Anda juga bisa menggunakan VPN terbaik untuk mempercepat koneksi internet dan mendapatkan akses internet secara gratis. Namun, untuk bisa mendapatkannya keuntungan tersebut, perangkat harus terhubung dengan IP di negara yang tepat.

4. Menghapus Cache

Terlalu banyak cache dari aplikasi yang tersimpan di smartphone juga dapat mempengaruhi kinerja dan performa ponsel. Hal ini dikarenakan cache dapat menguras memori sehingga beban ponsel pun semakin berat. Selain itu, dampak cache yang menumpuk juga dapat membuat proses akses muatan data menjadi lebih berat.

Sehingga, penting sekali untuk melakukan pembersihan cache secara berkala agar koneksi internet kembali stabil dan lancar. Memori penyimpanan pada ponsel pun jadi lebih lega jika cache sudah dihapus. Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan cache yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih dan klik Storage
  • Ketuk Cache >> Clear Cache

Selain membersihkan cache melalui menu pengaturan, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master atau One Tap Cache Cleaner untuk cara yang lebih mudah dan praktis.

5. Mengatur User Agent

Tampilan desktop pada smartphone dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lebih lambat. Sehingga tidak perlu memaksakan tampilan seperti ini pada ponsel dan segera ganti user agent di aplikasi browser agar menjadi tampilan mobile. Dengan mengganti user agent, data akan di-kompres sesuai tampilan mobile.

6. Matikan Tethering

Berbagai koneksi internet melalui tethering Hotspot memang akan sangat membantu pengguna lain yang sedang membutuhkan. Dengan melakukan hal ini, artinya Anda menjadikan smartphone sebagai Wi-Fi portable untuk perangkat milik orang lain.

Semakin banyak perangkat yang terhubung pada hotspot pribadi smartphone Anda, maka koneksi internet yang digunakan pun akan menjadi semakin lambat. Jika ingin mengembalikan koneksi internet dalam keadaan stabil, maka matikan fitur ini dan cukup diri sendiri yang menggunakan kuota tersebut.

7. Layanan Operator yang Jaringannya Kuat di Dekat Lokasi

Tidak semua operator bisa lancar jaringannya di semua daerah. Terkadang ada juga SIM card yang bahkan tidak bisa diakses saat berada di daerah tertentu karena susah sinyal. Di Indonesia sendiri ada lima operator seluler yang banyak digunakan oleh pengguna internet, yakni XL Axiata, Telkomsel, 3, Indosat Ooredoo, dan Axis.

Sebaiknya cari tahu informasi terlebih dahulu jaringan apa yang paling kuat di daerah tersebut sebelum membeli SIM card. Karena layanan internet akan sangat tergantung dengan kekuatan sinyal yang tersedia. Karena perlu disadari bahwa jaringan internet masih belum mencakup seluruh wilayah di Indonesia dan ada daerah tertentu yang susah sinyal untuk beberapa jenis operator.

8. Menggunakan Jaringan 4G LTE/5G

Melakukan pengaturan jaringan 4G LTE/5G pada ponsel terbukti dapat mempercepat koneksi internet. Untuk melakukan pengaturan ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut, yaitu:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih opsi Network & Internet >> Mobile Network
  • Ketuk Advanced >> Preferred Network Type
  • Pilih LTE/WCDMA atau GSM/WCDMA

Anda perlu melakukan testing pada dua opsi yang tersedia dalam menu pengaturan tersebut untuk menentukan mana yang paling lancar koneksinya. Pada umumnya operator seluler Indonesia saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE & 5G dengan kecepatan internet mencapai hingga 100 Mbps.

9. Menggunakan Aplikasi Hibernasi

Aplikasi hibernasi diperuntukan untuk membuat aplikasi yang dipilih dalam keadaan “tidur” saat tidak digunakan sehingga berhenti mengkonsumsi koneksi internet.

Aplikasi akan kembali menggunakan koneksi internet saat dibuka secara manual. Software yang sangat direkomendasikan adalah Brevent dan Greenify karena Anda bisa menggunakannya tanpa harus melakukan root.

Meskipun tidak harus melakukan root, namun agar fungsinya lebih maksimal tentu disarankan agar me-root ponsel Anda terlebih dahulu. Dengan menggunakan software ini, maka wakelocks yang meminta koneksi internet akan distop.

10. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali beberapa perangkat menghadirkan aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu penting karena tidak digunakan oleh penggunanya.

Aplikasi yang tidak penting tersebut disebut bloatware dan dapat membuat sistem menjadi semakin lambat sehingga koneksi internet pun ikut melambat. Hal ini dikarenakan software tetap berjalan meskipun tidak dibuka.

Anda bisa menonaktifkan aplikasi bloatware tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih dan klik Apps & Notifications >> All Apps
  • Cari aplikasi yang ingin Anda uninstall atau disable
  • Ketuk Disable

Dengan mengetahui cara mempercepat koneksi internet tersebut, maka Anda akan lebih mudah saat menghadapi permasalahan dan segera menemukan solusi yang tepat.

About Devi Murti

Check Also

Yandex RU Video

Yandex RU Video Tanpa VPN

Penyuka video tentu tahu apa itu Yandex com. Sebagai user aktif aplikasi, entah itu di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *