2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Android

Sangat penting untuk memahami cara mengunci aplikasi karena beberapa aplikasi di smartphone menyimpan berbagai data dan informasi yang sangat penting. Ada banyak yang menyimpan data pribadi, data perbankan, dan data penting lainnya di berbagai aplikasi smartphone.

Jika smartphone hilang atau dicuri orang, berbagai data yang ada dalam smartphone bisa disalahgunakan jika tidak dikunci. Saat ini, cara melakukan penguncian aplikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pastikan Anda memahami dan menggunakan setidaknya salah satu cara yang ada.

Mengunci Aplikasi Smartphone untuk Melindungi Data

Cara melakukan penguncian aplikasi di perangkat Android sendiri cukup beragam dan sangat efektif. Anda bisa menggunakan sistem yang sudah ada di smartphone maupun dengan memasang aplikasi tambahan. Terapkan petunjuk berikut ini untuk melakukan penguncian aplikasi di smartphone Android.

1. Mengunci tanpa aplikasi tambahan

Tidak diperlukan aplikasi tambahan untuk mengunci berbagai app yang ada di smartphone Android. Sebelum mengunduh aplikasi tambahan apapun, pastikan untuk mencoba langkah-langkah berikut ini untuk melakukan penguncian aplikasi dengan lebih mudah.

  • Buka menu Pengaturan kemudian pilih menu Pengaturan Tambahan. Setelah menu tersebut terbuka, tap pada menu Privasi. Begitu menu Privasi terbuka, tap pada menu Lock Individual Apps untuk melakukan penguncian pada aplikasi.
  • Di bagian ini, pilih Choose Apps to lock kemudian tentukan pola yang akan digunakan untuk mengunci beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone. Tentukan pola untuk penguncian app dan jangan sampai lupa dengan pola tersebut agar aplikasi tetap bisa dibuka.

Di bagian ini, pilih Choose Apps to lock kemudian tentukan pola yang akan digunakan

  • Setelah membuat pola untuk membuka kunci aplikasi, pilih berbagai aplikasi yang akan dikunci dan dilindungi. Proses penguncian aplikasi sudah selesai. Anda bisa mencoba membuka aplikasi tertentu untuk melihat apakah proses penguncian sudah berhasil diterapkan.

Selain memahami cara mengunci aplikasi, pastikan Anda menjaga smartphone tetap dekat dan tidak sembarangan meminjamkan smartphone sehingga smartphone dan data-data penting milik Anda tidak mudah hilang.

2. Mengunci dengan bantuan aplikasi

Play Store menyediakan banyak sekali aplikasi yang bisa membantu mengunci aplikasi di smartphone Android. Salah satunya adalah 360 Security yang bisa diunduh gratis di Play Store. Untuk menggunakan 360 Security, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Download dan pasang aplikasi 360 Security di smartphone Android yang akan dikunci aplikasinya. Kemudian jalankan aplikasi 360 Security setelah berhasil terpasang. Cari dan temukan menu App Lock untuk mengunci aplikasi.
  • Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di smartphone Android Anda, centang aplikasi tertentu yang akan dikunci karena memuat data dan informasi penting yang sifatnya rahasia. Berikutnya tap pada tombol Lock yang ada di bagian bawah layar.

Akan muncul daftar aplikasi yang terpasang di smartphone Android Anda, centang aplikasi

  • Buat pola yang nantinya akan digunakan untuk membuka aplikasi tersebut. Pola harus dibentuk dua kali sehingga terkonfirmasi sebagai pola untuk membuka aplikasi yang dikunci. Sebelum kunci bisa diterapkan, tap pada tombol Confirmyang muncul di app 360 Security.

Buat pola yang nantinya akan digunakan untuk membuka aplikasi tersebut. Pola harus

  • Jendela Pengaturan akan terbuka dan menampilkan beberapa aplikasi, tap pada aplikasi 360 Security kemudian pastikan bagian Permit Usage Access sudah diaktifkan. Setelah itu tap pada tombol Back hingga menemukan jendela Lock success.

Beberapa app yang tadi Anda pilih sudah berhasil terkunci. Dengan mengikuti beberapa cara mengunci aplikasi di atas, berbagai aplikasi yang memuat informasi pribadi dan data penting akan terlindungi. Jika smartphone hilang, penemu smartphone Anda tidak akan bisa membuka aplikasinya.

Tapi pastikan Anda mempunyai Salinan berbagai informasi dan data tersebut di perangkat lain. Sehingga jika smartphone menghilang, Anda tidak kehilangan semua data dan informasi pribadi yang sifatnya penting.

Baca Juga:

About Mendy Ramdhiani

Check Also

3 Cara Download Subtitle Youtube Paling Mudah

3 Cara Download Subtitle Youtube Online & Aplikasi

Subtitle merupakan bagian penting dari sebuah video. Ketika mendownload video Youtube, kebanyakan orang lupa tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *