Perbedaan Modem dan Router

Modem dan router memiliki peran yang penting untuk menghubungkan perangkat komputer atau laptop agar bisa terkoneksi dengan internet dan jaringan. Fungsi utama kedua perangkat ini pada dasarnya adalah hampir sama dan saling mendukung sehingga mungkin ada sebagian pengguna yang cukup bingung untuk memahami perbedaan modem dan router.

Pengertian Router

router

Router adalah perangkat yang digunakan sebagai penghubung beberapa komputer atau laptop agar bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Pengguna dapat mengakses LAN dengan lebih mudah jika menggunakan router. Namun, tidak selamanya router menyediakan akses ke internet.

Agar perangkat bisa mendapatkan koneksi internet, maka router membutuhkan modem. Saat ini, router sudah memiliki port Ethernet agar bisa terhubung dengan modem DSL. Sistem kerja router pada dasarnya hampir sama seperti bridge dan switch. Karena pada dasarnya, fungsi router adalah untuk lalu lintas data atau informasi melalui protokol.

Router memiliki tugas untuk membagikan jaringan yang tersedia menjadi subnet-subnet. Jaringan internet tersebut disebarkan ke perangkat komputer lainnya agar data yang ada bisa diteruskan dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router juga berfungsi untuk menyaring lalu lintas data berdasarkan protokol tertentu.

Pengertian Modem

modem

Bagi pengguna internet, tentu sudah tidak asing lagi dengan perangkat modem. Dengan menggunakan perangkat ini, pengguna bisa dengan lebih mudah terkoneksi dengan internet. Perangkat ini sangat praktis terutama yang model eksternal karena bisa dibawa kemana-mana dan tidak ribet karena tanpa kabel.

Anda hanya perlu mencolokkan modem pada port yang tersedia di laptop dan nikmati jaringan internet sepuasnya. Modem terdiri dari beberapa jenis, ada yang langsung terpasang di CPU dan ada juga yang terpisah dengan bentuk seperti flashdisk. Untuk dapat mengakses internet, pengguna harus mengisi pulsa atau paket data terlebih dahulu.

Pada intinya, fungsi utama modem adalah sebagai perantara bagi pengguna perangkat komputer maupun laptop agar terhubung ke internet melalui kabel telepon maupun sinyal nirkabel.

Apa Perbedaan Modem dan Router?

modem dan router

Jika dilihat dari banyak aspek, router dan modem jelas berbeda meskipun fungsi utamanya adalah sama-sama untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan internet. Namun, terdapat beberapa perbedaan router dan modem yang cukup signifikan antara kedua perangkat ini dan perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Jumlah Layer dan Port

Jika dilihat dari jumlah layernya, modem memiliki layer atau lapisan yang lebih sedikit yakni dua layer. Sedangkan router memiliki layer yang lebih banyak yakni 7 lapisan dengan fungsi yang berbeda-beda.

Layer yang dimiliki modem sering disebut data link layer dan router sering dikenal dengan networking layer. Modem hanya memiliki dua port yang berfungsi untuk menghubungkan ke ISP dan router. Sedangkan router lebih variatif mulai dari 2, 4, hingga 8 port dalam satu perangkat.

2. Tipe Perangkat

Jika mengacu pada jenis dan tipe perangkat, keduanya cukup berbeda. Modem merupakan perangkat internetworking, sedangkan router adalah perangkat networking. Modem menghubungkan perangkat komputer atau laptop dengan jaringan internet. Namun, modem hanya dapat menghubungkan satu perangkat dengan jaringan internet.

Berbeda dengan router yang dapat menghubungkan dan mengirim data antar perangkat. Transfer data di jaringan lokal pada router bisa dilakukan tanpa harus menggunakan internet.Contohnya seperti berbagi file antar PC atau ke printer selama masih di jaringan lokal yang sama. Sehingga memungkinkan pengguna untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain.

3. Cara Pengoperasian

Modem harus dioperasikan dengan menggunakan koneksi internet, sementara itu router tidak harus karena dapat melakukan koneksi sendiri yang bersifat internal. Modem dapat bekerja tanpa harus menggunakan router. Namun, router tidak bisa terhubung ke internet jika tidak ada modem.

Sinyal yang digunakan pada komputer dan internet berbeda. Sinyal komputer pada umumnya berupa sinyal digital sedangkan internet bekerja pada sinyal analog. Di sinilah tugas modem untuk mengubah dan mengkonversikan sinyal-sinyal tersebut ke format yang benar agar bisa dibaca. Kemudian, router bertugas untuk mengkoordinasikan sinyal yang diterima.

4. Fungsi

Router berfungsi untuk mengarahkan data melalui koneksi jaringan baik antar komputer maupun antara komputer dengan modem. Sedangkan modem hanya menerima data dan mengirimkannya melalui sambungan telepon. Dalam prosesnya, modem dapat memodulasi sinyal analog menjadi sinyal digital serta melakukan demodulasi untuk mengubah sinyal digital ke analog kembali.

Sementara itu, router dapat digunakan untuk mengirim dan menerima paket data antar jaringan komputer dan juga dapat membuat jaringan overlay. Modem digunakan ketika pengguna mendapatkan koneksi baru dari ISP untuk kemudian menghubungkannya ke internet.

5. Penggunaan

Router bisa terhubung pada beberapa perangkat PC komputer atau laptop melalui Wi-Fi dan bisa dioperasikan meskipun tidak harus menggunakan internet. Sedangkan modem hanya bisa digunakan pada satu perangkat komputer atau laptop yang menggunakan OS atau software dan membutuhkan internet untuk mengoperasikannya.

Modem dapat bekerja sendiri tanpa harus ada router. Sedangkan router harus didukung dengan modem agar dapat terhubung ke internet dan bisa melakukan transmisi data antar perangkat. Router dapat menghubungkan beberapa perangkat jaringan menggunakan kartu ethernet.

Kesimpulan

perbedaan modem dan router

Meskipun modem dan router memiliki tugas yang berbeda, namun kedua perangkat ini memiliki kesamaan tujuan dan saling mendukung satu sama lain. Router tidak akan bisa terkoneksi dengan internet jika tidak ada modem. Sedangkan modem masih bisa terkoneksi dengan internet meskipun tidak ada router.

Hampir sebagian besar instansi perusahaan baik swasta maupun pemerintah menggunakan wireless router atau modem untuk memudahkan operasional pekerjaan. Router tidak diperlukan jika hanya ingin menghubungkan satu perangkat ke internet dan cukup menggunakan modem.

Namun, jika di rumah memiliki beberapa perangkat dan Anda ingin mengintegrasikannya, maka router diperlukan. Seiring dengan perkembangannya, sudah banyak modem yang juga berfungsi sebagai router terlebih lagi untuk jenis modem nirkabel atau wireless. Tidak semua router memiliki modem dan juga tidak semua modem termasuk router.

Fungsi modem dan router memang jelas berbeda meskipun banyak yang menganggapnya sama apalagi jika menggunakan perangkat yang memiliki dua fungsi sekaligus. Secara keseluruhan modem lebih independen dan simpel dibandingkan router yang masih harus membutuhkan modem agar bisa terkoneksi dengan internet.

Baik modem maupun router sama-sama memiliki peran penting untuk menghubungkan perangkat dengan internet. Namun, jika melihat perbedaan modem dan router secara lebih detail keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan meskipun saling mendukung.

About Devi Murti

Check Also

Pahami Ukuran Header Youtube yang Tepat Agar Tidak Terpotong

Ukuran Header Youtube dalam Pixel (Dekstop, Mobile, Tablet)

Ya, ukuran header YouTube adalah hal yang perlu diketahui YouTuber untuk menampilkan desain isi konten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *