Pengertian Router dan Fungsinya

Kecanggihan teknologi dan internet memungkinkan semua pengguna bisa terhubung satu sama lain untuk mengakses informasi dan komunikasi di seluruh penjuru dunia. Router merupakan salah satu komponen penting yang harus ada agar perangkat komputer atau laptop bisa terhubung dengan jaringan internet. Apa pengertian router dan fungsinya?

Pengertian Router

Router

Router adalah sebuah perangkat keras atau hardware pada komputer atau laptop yang digunakan sebagai penghubung jaringan. Paket data dari satu komputer ke perangkat komputer lainnya dapat terhubung melalui router, di mana proses pengiriman data tersebut dinamakan dengan istilah routing.

Perbedaan Modem dan Router

Pada perangkat router terdapat fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang bisa diatur sedemikian rupa secara custom oleh penggunaannya untuk membagi IP Address. Agar suatu alamat IP dapat dikoneksikan dengan alamat IP lain, maka dibutuhkan NAT (Network Address Translator).

Jaringan yang dihubungkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui router bisa jaringan yang sama maupun berbeda. Router akan sangat membantu untuk perusahaan yang membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang saling terintegrasi demi efisiensi pekerjaan.

Jenis-jenis Router

Jika ingin menikmati layanan internet dengan lebih mudah dan praktis, maka menggunakan router adalah pilihan yang tepat. Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat ini, pastikan untuk memilih jenis router yang tepat sehingga lebih aman dan lebih cepat untuk menikmati layanan internet. Berikut ini jenis router yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Router Nirkabel

Router Nirkabel

Jenis router ini bisa terhubung ke perangkat tanpa harus menggunakan kabel. Router terhubung secara nirkabel asalkan perangkat yang dihubungkan mendukung standar nirkabel yang sama.

Penggunaan router nirkabel memungkinkan pengguna untuk menerima dan mengirimkan informasi dari dan ke internet. Router akan membuat komunikasi dengan jaringan Wi-Fi yang ada melalui antena internet. Sehingga, semua perangkat yang ada di rumah dapat memiliki akses internet secara mudah dan praktis.

2. Router Berkabel

Wired router

Sesuai namanya, jenis router ini membutuhkan kabel agar bisa terhubung ke perangkat baik berupa komputer maupun laptop. Router ini biasanya memiliki port untuk menghubungkan ke modem sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan internet.

Selain itu, terdapat port lain yang memungkinkan komponen ini agar bisa terhubung ke komputer maupun perangkat lainnya agar lebih mudah mendistribusikan informasi. Anda pun bisa menerima dan mengirimkan informasi atau data dengan lebih mudah dan praktis.

Fungsi Router

how router works

Secara garis besar fungsi router pada dasarnya adalah untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih dari satu jaringan ke jaringan lainnya sehingga paket data dapat didistribusikan. Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan mengenai fungsi router, yaitu:

1. Menghubungkan Jaringan

Fungsi utama router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Sehingga pengguna dapat saling mengirimkan dan berbagi paket data dengan lebih mudah.

Proses menghubungkan koneksi jaringan ini dengan cara mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer dalam jaringan tersebut. Baik dengan menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) maupun secara statis.

2. Mentransmisikan Informasi

Router memungkinkan penggunanya untuk mentransmisikan data atau informasi dari satu jaringan menuju jaringan lainnya. Sistem kerja router bisa dibilang mirip seperti Bridge atau jembatan jaringan. Dengan adanya router ini maka antara satu departemen dengan departemen lainnya dapat saling terhubung melalui data yang sudah terintegrasi.

3. Menghubungkan Jaringan ke DSL

DSL merupakan singkatan dari Digital Subscriber Line yang fungsinya adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin canggih kini semakin memudahkan karena penggunaannya tidak hanya melalui sambungan kabel LAN, namun bisa juga dengan teknologi wireless.

Cara Kerja Router

Untuk bisa menghubungkan berbagai perangkat di rumah dengan internet, maka dibutuhkan beberapa alat seperti tablet, komputer, laptop, smartphone, TV pintar, hingga printer . Perangkat tersebut akan membentuk jaringan melalui router yang dipasang.

Router kemudian mengarahkan lalu lintas koneksi internet masuk dan dikeluarkan di jaringan tersebut dengan cara paling efisien dan paling cepat. Informasi yang berjalan melalui jaringan tersebut dapat berupa film, email, umpan langsung dari kamera, dan lainnya yang mana masing-masing membutuhkan jumlah bandwidth berbeda.

Saat ingin menambahkan lebih banyak perangkat yang terhubung, maka itu artinya Anda meminta router agar melakukan lebih banyak pekerjaan. Router akan menghubungkan berbagai perangkat di dalam jaringan dengan meneruskan paket data yang dikirim dari satu perangkat ke perangkat lainnya maupun dari perangkat ke internet.

Jika digambarkan melalui ilustrasi, maka cara kerja router bisa digambarkan sebagai berikut:


Dari ilustrasi di atas, Anda bisa melihat bahwa terdapat dua buah jaringan yang terhubung dengan satu router. Network bagian kiri terhubung dengan port 1 dengan alamat IP 192.168.1.0 sedangkan port 2 memiliki IP address 192.155.2.0.

Melalui router, 6 komputer bisa saling terhubung. Komputer A, B, C yang terhubung dengan port 1 dapat berkomunikasi dengan komputer D, E, F yang terhubung dengan port 2. Jika komputer A mengirim data ke C, maka data tidak dapat diteruskan ke network lain.

Begitupun halnya dengan komputer F mengirim data ke E, maka router tidak dapat meneruskan data tersebut ke network lain. Jaringan dapat saling terhubung ketika komputer F mengirimkan data ke komputer B dan seterusnya.

Manfaat Router

Seperti disinggung di atas, fungsi router pada dasarnya adalah untuk menghubungkan jaringan agar bisa terkoneksi dengan internet serta mendistribusikan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ada beberapa manfaat dari penggunaan router yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Aman

LAN bekerja dalam mode broadcast sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih baik. Informasi dan data pada perangkat ditransmisikan lewat jaringan dan melalui seluruh sistem kabel. Meskipun setiap stasiun memiliki data, namun hanya stasiun yang dituju yang dapat membacanya secara khusus.

2. Kinerja Semakin Meningkat

Keberadaan teknologi dan internet semakin memudahkan pengguna untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Jika menggunakan router, maka dapat meningkatkan kinerja dalam jaringan individu. Contohnya, jika suatu jaringan memiliki 14 workstation dan semuanya menghasilkan volume lalu lintas yang sama.

Lalul lintas sebanyak 14 workstation tersebut akan berjalan dalam satu jaringan melalui kabel yang sama. Namun, jika jaringan dibagi menjadi dua sub-jaringan misalnya masing-masing jadi 7 stasiun, maka beban lalu lintas menjadi berkurang setengahnya. Selain itu, PC yang memerlukan sistem kabel jaringan menjadi lebih sedikit karena setiap jaringan memiliki hardisk dan server sendiri.

3. Reliabilitas

Penggunaan router dapat memberikan reliabilitas. Ketika satu jaringan turun saat ada cacat pada kabel atau server berhenti, maka tidak akan berpengaruh pada layanan router dan jaringan lainnya. Router memisahkan antara jaringan yang terpengaruh dengan yang tidak terpengaruh agar tetap terhubung.

Sehingga pekerjaan pun tetap berjalan lancar tanpa terganggu apalagi mengalami kehilangan data. Tentu ini sangat menguntungkan terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak data dan harus diakses oleh banyak karyawan.

4. Jangkauan Jaringan

Kabel digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan. Namun, panjangnya tidak boleh lebih dari 1000 meter. Router tersebut dapat mengatasi batasan dengan meregenerasi sinyal atau menjalankan fungsi repeater.

Jangkauan fisik dapat disesuaikan dengan kebutuhan instalasi. Asalkan router sudah dipasang sebelum jangkauan kabel yang dibutuhkan melebihi batasan maksimum. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan jika memang menginginkan jangkauan yang lebih luas.

Dengan memahami pengertian router dan fungsinya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat ini demi meningkatkan efisiensi kerja. Karena pada dasarnya penggunaan router adalah untuk memudahkan operasional pekerjaan khususnya dalam lingkup perusahaan.

About Devi Murti

Check Also

Pahami Ukuran Header Youtube yang Tepat Agar Tidak Terpotong

Ukuran Header Youtube dalam Pixel (Dekstop, Mobile, Tablet)

Ya, ukuran header YouTube adalah hal yang perlu diketahui YouTuber untuk menampilkan desain isi konten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *