Rumus Perkalian Excel dan Cara Menggunakannya

Salah satu rumus fungsi di dalam Microsoft Excel yang cukup populer dan mudah digunakan adalah perkalian. Tentu saja jika tidak menggunakan rumus perkalian, maka penghitungan jadi lebih lama. Oleh karena itu rumus perkalian Excel sangat penting dipelajari.

Walaupun penggunaannya cukup mudah dan sederhana, tapi bisa sangat membantu proses pengolahan data di dalam Excel. Apalagi jika data itu jumlahnya cukup banyak. Jadi bisa membuat pekerjaan lebih efisien dan cepat.

Rumus Perkalian Excel

Ada banyak sekali rumus perkalian Excel yang bisa digunakan. Setiap rumus biasanya memiliki tujuan dan penggunaan yang berbeda-beda. Umumnya memang untuk menggunakan rumus perkalian ini bisa dituliskan dengan sangat mudah yaitu “=sel*sel”. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Rumus Sederhana Sel dan Sel

Rumus Sederhana Sel dan Sel

Seperti pada penjelasan sebelumnya, cara perkalian yang paling sederhana di dalam Excel bisa dilakukan antara sel dan sel. Untuk memproses perkaliannya, menggunakan sebuah simbol khusus yaitu bintang atau dinamakan dengan asterik (*).

Penggunaannya sangat mudah sekali. Cukup dengan menuliskan angka yang akan dikalikan lalu di antara keduanya ditambah simbol (*). Contoh mudahnya misalnya “=A2*B2”. Setelah itu hasil perkalian sederhana ini akan muncul.

2. Rumus Sederhana Angka dan Angka

Rumus Sederhana Angka dan Angka

Rumus kedua ini lebih digunakan ketika ingin memasukkan data secara manual. Cara ini sering digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel yang masih ditahap pemula. Karena penggunaannya sangat mudah sekali dan tidak akan membingungkan.

Tapi tentu rumus perkalian Excel yang sederhana angka dan angka ini tidak bisa digunakan untuk perkalian yang rumit dengan banyak data. Memang bisa saja memasukkan beberapa angka, tapi tentu akan membuat bingung dan tidak akan efisien.

Caranya mudah sekali yaitu dengan mengganti keterangan sel menjadi angka yang ingin dikalikan. Misalnya pada penjelasan sebelumnya “=A2*B2”, jadi jika menggunakan angka bisa mengisinya dengan data yang ada di dalam sel contohnya “=5*10”.

Bisa juga menambahkan beberapa angka seperti “=5*10*2” dan seterusnya.

3. Rumus Perkalian Melibatkan Konstanta

Rumus Perkalian Melibatkan Konstanta

Dalam pengolahan sebuah data, misalnya seperti gaji atau lainnya, tentu dibutuhkan rumus perkalian Excel yang berbeda. Misalnya seperti perkalian yang melibatkan nilai konstanta atau nilai tetap.

Karena jika menggunakan rumus sederhana, maka nilai konstanta yang harusnya tetap atau tidak berubah, akan mengalami perubahan otomatis. Sehingga dibutuhkan sebuah rumus perkalian khusus agar nilai konstanta tersebut tidak berubah dan hasil bisa akurat.

Contoh penggunaan rumus perkalian dengan nilai konstanta seperti “=B3*$C$5”. Artinya nilai yang ada pada B3 akan dikalikan dengan nilai konstanta C5. Tujuan penambahan simbol “$” adalah sebagai perintah bahwa nilai itu absolut atau tidak diubah sama sekali.

4. Rumus Menggunakan PRODUCT

Rumus Menggunakan PRODUCT

Ada referensi lain jika ingin melakukan perkalian data yang ada di dalam Excel selain dengan menggunakan simbol (*) seperti sebelumnya. Perkalian bisa juga dilakukan dengan menggunakan fungsi yang bernama PRODUCT.

Tujuan penggunaannya ini seperti perkalian antara sel, angka dan juga rentang data. Dengan menggunakan fungsi ini juga, bisa menambahkan sampai dengan 255 referensi sel dan juga angka. Misalnya seperti “=PRODUCT(B2,B5:B18,30,H2:H10,10,J3,L5:L9”.

Penjelasannya yaitu ada proses perkalian tunggal antara dua sel B2 dan J3. Sementara itu ada tiga rentang data pada sel (B5:B18, H2:H10, L5:L9). Lalu dua angka masing-masing 30 dan angka 10.

Rumus ini lebih digunakan ketika jumlah data yang dikalikan sangat banyak dan cukup rumit.

Rumus perkalian Excel dan cara menggunakannya cukup mudah sekali. Bagian yang cukup rumit ada pada rumus dengan menggunakan PRODUCT. Karena memang dengan rumus perkalian tersebut, proses bisa jauh lebih cepat dan mudah.

Baca Juga:

About Mendy Ramdhiani

Check Also

Download Mendeley Desktop

Fitur dan Cara Download Mendeley Desktop

Mendeley Desktop telah menjadi kawan setia para peneliti, mahasiswa, dan akademisi dalam mengelola referensi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *