6 Fungsi Microsoft PowerPoint, Apa Saja Ya?

Microsoft merupakan pengembang yang menyediakan berbagai aplikasi atau alat yang sangat berguna untuk dunia pendidikan dan perkantoran. Salah satunya adalah Microsoft PowerPoint. Ada banyak fungsi Microsoft PowerPoint yang memudahkan pekerjaan manusia.

Microsoft PowerPoint sendiri dirilis satu paket dengan berbagai aplikasi lain seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan yang lainnya. Semua dikemas dalam Microsoft Office. Masing-masing aplikasi punya keunggulannya dan fungsinya sendiri.

power point

Berbagai Fungsi Aplikasi PowerPoint dari Microsoft

Ada banyak sekali kegunaan atau fungsi dari Microsoft PowerPoint, terutama bagi para pelajar, pengajar, serta pegawai kantoran. Beberapa fungsi atau kegunaan dari Microsoft PowerPoint antara lain adalah:

1. Mempermudah pengguna dalam menciptakan presentasi

power point

Aplikasi yang satu ini sangat mempermudah seseorang dalam membuat serta menyampaikan presentasinya di hadapan umum. Software Microsoft PowerPoint memungkinkan penggunanya untuk mempersiapkan slide presentasi yang lebih berkualitas dalam waktu yang lebih cepat.

2. Mempunyai berbagai jenis alat yang berguna

Mempunyai berbagai jenis alat yang berguna

Ada banyak sekali tools atau alat yang bisa ditemukan di aplikasi PowerPoint, seperti misalnya image import untuk memasukkan file gambar, video import untuk menambahkan file video, text art untuk membuat tampilan tulisan menjadi jauh lebih menarik, dan lain sebagainya.

Hadirnya berbagai fitur tersebut sangat memudahkan para penggunanya untuk membuat slide presentasi menjadi lebih hidup karena bisa menyisipkan file-file seperti video dan suara. Ketika presentasi disampaikan, presentasi tersebut akan mampu membangkitkan emosi penontonnya.

3. Membawa template yang sangat bervariasi

power point templates

Template adalah satu dari sekian banyak fitur unggulan yang ada dalam PowerPoint. Template merupakan suatu latar belakang yang bisa membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik dan cantik. Background yang tersedia juga sangat bervariasi.

Dengan hadirnya fungsi Microsoft PowerPoint yang satu ini, pengguna jadi lebih bebas untuk mengkreasikan slide sehingga tidak hanya terfokus pada satu tampilan saja. Setiap slide bisa mempunyai tampilan yang berbeda meskipun temanya tetap sama.

4. Microsoft PowerPoint bisa diekspor menjadi PDF

Saat akan mempresentasikan suatu topik tertentu, Anda mungkin ingin memberikan pegangan atau selebaran pada hadirin sehingga mereka bisa memahami semua poin yang akan dibahas. Tapi jika hadirin tidak menggunakan aplikasi dari Microsoft, Anda mungkin kesulitan menyampaikan bahan.

Beruntung, Microsoft menghadirkan fitur ekspor sehingga presentasi bisa diubah menjadi format PDF sehingga memudahkan Anda untuk mencetak dan membagikannya. Format PDF juga bisa dibuka di berbagai perangkat sehingga hadirin bisa membukanya di tablet maupun smartphone mereka.

5. Mempunyai fitur unik untuk kolaborasi

Mempunyai fitur unik untuk kolaborasi

Fitur ini sangat berguna, khususnya bagi para pelajar yang perlu mempersiapkan presentasi Bersama teman-temannya dalam sebuah tim.  Fitur kolaborasi tersedia di Microsoft PowerPoint dan bisa digunakan untuk mengedit file PowerPoint di lebih dari satu komputer pada waktu yang sama.

Dengan adanya fitur yang unik ini, para pelajar pun bisa menyelesaikan pembuatan presentasi dengan lebih mudah dan cepat. Mereka pun tidak perlu bertemu dan menggunakan komputer secara bergantian untuk menyelesaikan presentasi tersebut.

6. Mempunyai proses penyimpanan berbasis awan

Kalau Anda punya beberapa perangkat yang sering digunakan untuk mengedit PowerPoint, Microsoft memperlengkapi PowerPoint dengan One Cloud Service atau penyimpanan berbasis cloud. Anda bisa menyimpan file presentasi ke akun cloud dan mengaksesnya dari berbagai perangkat yang ada.

Banyaknya fungsi Microsoft PowerPoint membuat banyak pelajar, pengajar, dan pegawai kantor tertarik untuk menggunakan software yang sangat mudah digunakan dan praktis ini. Pastikan Anda mempunyai platform yang mendukung penggunaan program yang sangat berguna ini.

Baca Juga : 6 Fungsi Microsoft PowerPoint, Apa Saja Ya?

About Mendy Ramdhiani

Check Also

Rangkaian Power Supply Sederhana yang Bisa Anda Coba

Agar dapat menjalankan fungsinya sebagai penghantar daya pada sebuah perangkat, maka rangkaian power supply perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *