5 Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik dan Ampuh

Ketika HP hilang, salah satu cara untuk mencarinya adalah dengan melacak nomor yang digunakan. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan lokasi dan menemukan titik pastinya. Saat ini, ada beberapa aplikasi pelacak nomor HP yang bisa digunakan? Lantas, manakah aplikasi yang terbaik?

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu bahwa HP harus dalam keadaan hidup jika ingin melacak nomornya sehingga pelacakan harus segera dilakukan sebelum baterai di HP habis. Saat HP terjatuh di suatu tempat misalkan, tentu pelacakan akan sulit dilakukan jika HP sudah dalam keadaan mati.

Aplikasi Pelacak Nomor HP

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, saat ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak HP seseorang. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengetahui di mana lokasi HP tersebut berada sehingga dapat memudahkan kita untuk mencarinya jika hilang. Berikut daftar aplikasinya:

1. Aplikasi GMaps

Menggunakan Google Maps

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP adalah Google Maps. Jika Anda adalah pengguna Android, aplikasi ini biasanya sudah terinstall bersama dengan aplikasi Google lainnya. Google Maps sendiri memiliki pemataan yang sangat luas dan juga detail sampai ke level gang di perkampungan.

Akan sangat mudah menemukan lokasi seseorang menggunakan aplikasi ini, karena ada banyak database yang dimasukkan ke dalam peta, seperti toko, perkantoran, nama jalan, nama gang, dll. Dengan begitu, kita bisa dengan mudah mengetahui lokasi pasti dari titik yang ditunjukkan.

Untuk menggunakan Google Maps sebagai pelacak, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps yang ada di smartphone.
  • Jika sudah, silakan buka menu Setelan atau klik ikon Profil yang berada di kanan atas layar.
  • Kemudian pilih Berbagi lokasi.
  • Setelah itu, pilih kontak teman, keluarga, atau masukkan nomor yang ingin dilacak.
  • Agar bisa melacak, pastikan nomor yang bersangkutan sudah menerima undangan dari Anda.
  • Selanjutnya akan ada link yang dikirimkan oleh Google kepada nomor yang bersangkutan.
  • Nantinya, kedua perangkat bisa saling berbagi lokasi selama durasi waktu yang sudah ditentukan.
  • Selesai.

Dengan cara di atas, HP akan lebih mudah ditemukan jika kedua perangkat sudah saling berbagi lokasi sehingga apabila salah satu hilang, maka keberadaannya bisa dilacak.

2. Aplikasi Whatsapp

Menggunakan Whatsapp

Cara ini sebenarnya membutuhkan program CMD di PC untuk menjalankannya. Untuk itu, pastikan Anda sudah menyiapkan PC atau laptop sebelum memulainya. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser di PC/laptop Anda.
  • Kunjungi situs Whatsapp Web atau bisa juga dengan klik link berikut https://web.whatsapp.com/.
  • Setelah itu, silakan masuk ke akun Whatsapp Anda.
  • Jika sudah, kirim pesan ke nomor yang ingin dilacak. Pastikan nomor tersebut membalas pesan dari Anda.
  • Jika nomor yang bersangkutan sudah membalas, silakan buka program CMD di PC. Anda bisa membukanya melalui aplikasi Run dengan cara klik Win + R di keyboard. Selanjutnya ketik “cmd”, lalu klik Enter. Sebelumnya, silakan tutup semua aplikasi kecuali browser yang sedang digunakan.
  • Setelah aplikasi Command Prompt terbuka, silakan ketik netstat-an di dalamnya, lalu klik Enter.
  • Setelah itu akan muncul alamat IP dari nomor yang sudah ditargetkan tadi. Silakan catat alamat IP tersebut untuk dicari lokasi pastinya.
  • Jika sudah, silakan kembali ke browser dan kunjungi situs berikut https://www.ip-adress.com/ip-address/lookup. Untuk bisa mengunjungi situs ini, nyalakan VPN terlebih dahulu karena provider lokal tidak memberi izin akses pada situs tersebut.
  • Setelah situs terbuka, masukkan alamat IP yang sudah didapat tadi.
  • Selanjutnya, informasi tentang lokasi dari nomor yang bersangkutan akan ditampilkan.
  • Selesai,

Untuk mengakses situs pelacakan di atas melalui HP, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak terdapat di Play Store. Jika mengaksesnya dari PC, maka bisa menggunakan browser Opera Mini karena memiliki pengaturan VPN di dalamnya.

3. Aplikasi iSharing

Menggunakan Aplikasi iSharing

Yang ketiga ini juga bisa difungsikan sebagai pelacak nomor HP adalah aplikasi iSharing. Aplikasi ini bisa melakukan pelacakan nomor HP dengan cukup akurat. Untuk menggunakannya, silakan download aplikasinya secara gratis di Play Store. Selanjutnya, ikuti petunjuk penggunaannya berikut ini:

  • Setelah aplikasi berhasil didownload, silakan jalankan aplikasinya.
  • Login menggunakan email atau akun Facebook untuk masuk ke akun iSharing.
  • Jika sudah, tambahkan nomor HP yang ingin dijadikan target pelacakan.
  • Nantinya, Anda tinggal memilih nomor yang sudah ditambahkan jika ingin melacaknya.
  • Selesai.

4. Aplikasi HLR Lookup

HLR Lookup

Salah satu aplikasi yang juga cukup sering digunakan untuk melacak nomor HP adalah HLR Lookup. Dengan aplikasi ini, nomor-nomor dari berbagai provider seperti Telkomsel, Indosat, atau XL bisa dilacak berdasarkan kode arenya.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan nomor atau menyimpannya ke dalam kontak. Setelah itu, pilih nomor tersebut di dalam aplikasi HLR Lookup untuk dilakukan pelacakan. Dari lokasi yang sudah didapatkan, Anda bisa memperkirakan posisi pastinya dengan melakukan kroscek.

5. Mobile Number Tracker Pro

Mobile Number Tracker Pro

Aplikasi pelacak nomor HP terakhir yang bisa digunakan bahkan hingga nomor HP dari berbagai negara adalah Mobile Number Tracker Pro. Secara jangkauan, aplikasi ini mampu melacak nomor dari Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan juga Asia. Dengan jangkauan tersebut, tentu berbagai nomor bisa kita lacak.

Meski tampilannya sederhana, kemampuannya dalam mengidentifikasi nomor sangat mengagumkan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui siapa orang yang menelepon, provider apa yang digunakan, serta di mana lokasi nomor tersebut berada.

Dengan adanya aplikasi pelacak nomor HP di atas, tentu akan sangat memudahkan kita untuk mencari lokasi keberadaannya. Jika nomor tersebut berasal dari HP yang hilang atau terjatuh, maka lokasi pencariannya bisa kita ketahui sehingga kita dapat memperkirakan lokasi pastinya.

About Mendy Ramdhiani

Check Also

3 Cara Download Subtitle Youtube Paling Mudah

3 Cara Download Subtitle Youtube Online & Aplikasi

Subtitle merupakan bagian penting dari sebuah video. Ketika mendownload video Youtube, kebanyakan orang lupa tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *