Cara Kerja dan Contoh ISP yang Perlu Anda Ketahui

Di era digital dengan teknologi yang semakin canggih, internet kini menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat di Indonesia terlebih lagi yang tinggal di perkotaan. Keberadaan internet semakin memudahkan berbagai bidang kehidupan mulai dari pendidikan, transportasi, makanan, belanja online, dan lainnya.

Agar bisa mengakses internet pada perangkat elektronik seperti laptop, komputer, maupun smartphone dibutuhkan jaringan. ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan penyedia layanan dan jaringan internet. Bagaimana cara kerja dan contoh ISP? Berikut ini ulasannya!

Klasifikasi ISP

Perusahaan penyedia layanan internet (ISP) dibagi ke dalam dua klasifikasi berdasarkan fungsi, jenis, dan kebutuhan konsumen. Apa saja itu?

1. Hosting ISP

Perusahaan yang termasuk dalam klasifikasi ini lebih berfokus pada layanan hosting internet. Segala keperluan untuk website maupun akses internet konsumen khususnya perusahaan besar akan disediakan oleh perusahaan ini.

Contoh layanan yang diberikan seperti web-hosting, pembuatan email, penyimpanan (backup storage) data online, server virtual, internet berbasis cloud, operasi server fisik, dan lain sebagainya.

2. Penyedia Akses ISP

Perusahaan dalam klasifikasi ini tidak hanya menyediakan hosting saja, namun mencakup peranti internet. Layanan ini sangat cocok bagi perusahaan yang membutuhkan akses internet yang lebih cepat.

Dalam memberikan pelayanannya, provider internet ini juga menyediakan perangkat keras seperti ISDN, kabel ADSL, serat optik, hingga metro-e atau ethernet metropolitan. Jenis perusahaan yang sering menggunakan layanan ini adalah mereka yang bergera di bidang media.

Cara Kerja ISP

Pada dasarnya, cara kerja ISP sangatlah sederhana. Perusahaan penyedia internet hanya perlu menunggu pengguna jasa mengirim permintaan akses dan koneksi. Setelah itu, internet provider bakal melakukan routing jaringan ke perangkat yang digunakan oleh klien atau pelanggan.

Perankat tersebut bisa berupa desktop, smartphone, modem, maupun access point. Pengguna bisa langsung menggunakan dan menikmati akses internet dengan mudah sesuai kebutuhan setelah proses routing selesai.

Secara teknis, ISP memiliki cara kerja sebagai berikut:

  • Beberapa ISP di Indonesia ada yang memiliki kecepatan tinggi hingga beberapa Gbps khususnya untuk sambungan ke internet yang besar
  • Sambungan internet langsung disambungkan pada router yang bear sekelas Juniper network atau Cisco.
  • Router memiliki fungsi untuk mengatur komunikasi antara pelanggan dan internet
  • Akan dipasang beberapa server baik untuk mail, web, maupun keperluan lainnya di ISP
  • Sistem operasi yang digunakan oleh sebagian besar Server ISP adalah Open Source
    Contoh Internet Service Provider

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin canggih, tentu tidak terlepas dari peran perusahaan ISP yang menyediakan koneksi internet untuk penggunanya. Berikut ini beberapa daftar provider di Indonesia yang sering digunakan layanannya, di antaranya:

1. First Media

First Media

Perusahaan ISP satu ini merupakan salah satu pelopor internet cepat di Indoensia. Harga dan layanan yagn ditawarkan hampir sama seperti provider lainnya.

2. Indihome

Indihome

Tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu provider terpopuler di Indonesia satu ini yang dikelola oleh Telkom Indonesia. Banyak layanan yang ditawarkan oleh Indihome. Mulai dari koneksi Wi-Fi di rumah, TV kabel, hingga telepon kabel.

3. IM2

IM2

IM2 merupakan internet provider dari PT Indosat. Jenis layanan yang ditawarkan perusahaan ini tersedia dalam dua opsi yakni koneksi internet untuk kebutuhan pribadi maupun komersial.

4. Astinet

Astinet

Astinet merupakan singkatan dari Access Service Dedicated to Internet yang dikelola oleh perusahaan Telkom Indonesia. Penggunaan Astinet biasanya untuk internet skala besar seperti perusahaan maupun instansi pemerintah.

Masalah yang Sering Dihadapi

Menggunakan layanan internet langsung dari perusahaan ISP tentu akan memberikan keuntungan tersendiri dan cenderung lebih hemat dibandingkan dengan membeli kuota. Namun, ISP juga bisa mengalami beberapa permasalahan dan kendala yang pada umumnya terkait hal teknis. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Koneksi internet yang lambat karena kesulitan akses internet meskipun statusnya internet connected
  • Server provider ISP down bahkan mata karena arus listrik yang tidak stabil sehingga turut mempengaruhi pelayanan provider
  • Kabel jaringan yang lepas atau terputus sehingga menyebabkan gangguan jaringan internet
  • Adapter tidak terhubung ke wireless network dikarenakan mengalami kendala maintenance

Tips Memilih ISP Terpercaya

Masalah yang terjadi di atas bisa dialami oleh siapa saja pengguna layanan ISP. Namun, Anda bisa meminimalisirnya dengan memilih perusahaan ISP terpercaya. Berikut ini tips dalam memilih ISP yang akan menyediakan layanan internet untuk Anda, di antaranya:

  • Pilih ISP yang memberikan layanan internet dengan kecepatan transfer data yang tinggi
  • Cari yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal karena semakin jauh lokasi akan berpengaruh terhadap koneksi
  • Pastikan perusahaan tersebut telah memiliki izin secara resmi dari lembaga terkait

Dengan mengetahui cara kerja dan contoh ISP di atas, maka lebih mudah bagi Anda untuk memahami bagaimana proses jaringan internet bisa digunakan ke banyak perangkat.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi ISP yang Perlu Kamu Ketahui

About Devi Murti

Check Also

3 Cara Download Subtitle Youtube Paling Mudah

3 Cara Download Subtitle Youtube Online & Aplikasi

Subtitle merupakan bagian penting dari sebuah video. Ketika mendownload video Youtube, kebanyakan orang lupa tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *