Macam Ukuran Cetak Foto dan Peruntukkannya

Ukuran cetak foto menjadi pengetahuan dasar dalam dunia fotografi dan percetakan. Berbagai aspek seputar ukuran foto yang dicetak, mulai dari perbedaan antara foto R dan Rs, hingga ukuran dalam aspek rasio wajib diketahui pengusaha percetakan atau printing.

Ukuran Cetak Foto

Nah, abiphone.com akan membahas penggunaan macak ukuran cetak foto dalam satuan milimeter, centimeter inci dan aspek rasio dan peruntukkannya ketika Anda menggunakn aplikasi cetak foto baik untuk keperluan pas foto atau media promosi bisnis Anda.

Ukuran Cetak Foto R

R dalam ukuran foto merupakan singkatan dari “Rectangular” atau persegi panjang. Fungsinya sebagai satuan untuk menyatakan ukuran foto yang dicetak. Contoh ukuran foto 3R yang artinya memiliki sisi terpendek sepanjang 3 inchi.

Simbol R ini pertama kali muncul ketika kamera 35 mm diperkenalkan pada tahun 1934, dan sejak itu menjadi standar industri fotografi.

Saat ini, standar ukuran foto menggunakan notasi seperti 4R, di mana angka tersebut mengacu pada ukuran dalam inchi. Sebagai contoh, 4R memiliki ukuran 4 x 6 inchi.

Ada juga ukuran lain seperti 2R, 3R, 5R, 6R, 8R, dan 10R, masing-masing dengan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran foto ini digunakan untuk keperluan yang beragam, mulai dari ukuran pas foto untuk keperluan resmi hingga foto dekorasi yang akan dipajang di dinding.

Ukuran Cetak Foto Rs

Selain ukuran cetak foto dalam R, ada juga yang menggunakan Rs. Keduanya bisa dibedakan berdasarkan rasio aspeknya. Ukuran foto Rs memiliki rasio aspek 3:4. Ukuran jenis ini lebih cocok untuk foto potret atau vertikal.

Perbedaan Ukuran Foto R dan Rs

Antara R dan Rs dalam cetak foto memiliki perbedaan mendasar pada perbandingan panjang dan lebar foto yang akan dicetak.

Ukuran Foto dalam Aspek Rasio

Aspek rasio dan rasio aspek adalah istilah yang serupa yang merujuk pada perbandingan antara lebar dan tinggi suatu gambar atau layar. Sumber istilah ini adalah bahasa Inggris, yaitu aspect ratio, dan bisa diterjemahkan dengan dua cara.

Kedua istilah ini dapat digunakan secara bergantian dalam dunia fotografi dan percetakan. Pengaruh aspek rasio atau rasio aspek bisa terlihat pada tampilan dan kualitas gambar, terutama saat dicetak atau ditampilkan di berbagai media.

Rasio yang sesuai dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan foto dan bagaimana objek terlihat di dalamnya. Berikut adalah beberapa rasio yang umum digunakan dan potensial cocok untuk jenis objek tertentu:

Rasio foto yang digunakan dapat mempengaruhi penampilan keseluruhan dan bagaimana objek terlihat di dalamnya. Beberapa rasio umum yang sering digunakan dan sesuai untuk berbagai jenis objek:

  • Rasio 2:3 (atau 3:2): Cocok untuk potret manusia, keluarga, atau objek dengan komposisi vertikal. Ini memberikan ruang yang cukup di atas dan di bawah objek, menciptakan tampilan seimbang dan estetis.
  • Rasio 3:2 (atau 2:3): Bagus untuk lanskap alam, pemandangan, atau objek dengan komposisi horizontal. Rasio ini cenderung menciptakan ruang yang luas di sepanjang horisontal, ideal untuk menangkap pemandangan yang luas dan detil.
  • Rasio 3:4 (atau 4:3): Sesuai untuk potret manusia atau objek yang lebih tinggi daripada lebar. Rasio ini lebih vertikal, cocok untuk menangkap objek yang tinggi atau menekankan vertikalitas dalam komposisi.
  • Rasio 4:3 (atau 3:4): Bagus untuk fotografi benda atau objek yang lebih lebar daripada tinggi. Memberikan lebih banyak ruang di sepanjang lebar, ideal untuk objek atau pemandangan dengan komposisi lebih horisontal.

Ukuran Cetak Foto dalam Satuan Cm dan Inchi

Berikut adalah tabel dengan ukuran cetak foto dalam seri R beserta rasio aspeknya:

Seri RcminCHIRasio Aspek
4R10,2 x 15,24 x 62:3
8R20,3 x 25,48 x 102:3
10R25,4 x 30,510 x 122:3
12R30,5 x 45,712 x 182:3
16R40,6 x 50,816 x 202:3
20R50,8 x 60,920 x 242:3
24R60,9 x 8024 x 31,52:3
30R76,2 x 101,630 x 402:3

Ukuran cetak foto dalam satuan centimeter (cm) dan inci (in) disertakan, bersama dengan rasio aspek 2:3 yang umumnya digunakan dalam fotografi.

Contoh Penggunaan Ukuran cetak Foto

Berikut adalah beberapa contoh peruntukan cetak foto berdasarkan ukurannya:

Ukuran Kecil (2R, 3R, 4R)

  • Foto paspor atau identitas: Foto ini biasanya digunakan untuk dokumen resmi seperti paspor, SIM, KTP, dan lainnya.
  • Foto dompet: Foto kecil ini biasanya dicetak untuk ditempatkan di dalam dompet sebagai kenangan atau foto orang yang kita cintai.
  • Foto buku tahunan sekolah: Biasanya digunakan untuk buku tahunan sekolah atau album kenangan.

Ukuran Sedang (5R, 6R, 8R)

  • Bingkai foto meja: Ukuran ini cocok untuk foto yang akan ditempatkan dalam bingkai di atas meja atau rak.
  • Album foto: Jika Anda memiliki album foto fisik, ukuran ini biasanya cocok untuk halaman album standar.

Ukuran Besar (10R, 12R, 16R, 20R, 24R, 30R)

  • Foto dinding: Foto dengan ukuran besar biasanya dicetak untuk dipajang di dinding rumah atau galeri foto.
  • Poster: Jika Anda ingin mencetak foto dalam bentuk poster ukuran besar adalah pilihan yang tepat.
  • Pameran foto: Untuk pameran foto profesional, foto biasanya dicetak dalam ukuran besar untuk menunjukkan detail dan kualitas gambar.

Sebelum Anda mencetak, perhatikan foto yang akan dicetak, jika kecerahan, warna atau background foto belum sesuai, Anda bisa melakukan editing foto terlebih dahulu. Banyak aplikasi maupun softwere yang bisa melakukan itu, mulai yang sederhana sampai profesional seperti Adobe Photoshop (PS).

Yang tidak kalah pentingnya adalah resolusi foto atau gambar. Foto dengan resolusi rendah dalam ukuran besar bisa membuatnya tidak terlihat bagus. Sebaliknya, foto dengan resolusi tinggi akan tetap tajam dan jelas, terutama jika dicetak dalam ukuran besar. Pastikan resolusi foto setidaknya 300 Dpi untuk menghindari hasil cetak yang buram atau pecah.

About Phone

Check Also

Memperbesar JPG

Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto

Cara Memperbesar Ukuran JPG dengan Mudah. Ukuran File Foto / Image dengan Resolusi Kecil Bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *