Download GCam APK + Config Terbaru 2023

Ingin menjajal beragam fitur keren yang ditawarkan GCam? Nah, untuk Anda yang ingin mencoba GCam, artikel ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara download GCam ke smartphone Android dengan mudah.

Anda pencinta fotografi smartphone? Selain memiliki skill fotografi yang bagus dan spek hardware kamera yang baik, software/aplikasi kamera juga sangat membantu untuk menghasilkan foto-foto yang bagus. Terkait aplikasi kamera, GCam adalah salah satu aplikasi yang dikenal mampu memberikan banyak fitur unik dan mampu memberikan hasil jepretan yang apik.

Sayangnya, tidak semua smartphone bisa mengunduh aplikasi kamera ini dengan mudah. Pasalnya, GCam hanya dibatasi untuk pengguna Google Pixel dan Google Nexus.

Meski demikian, para pengembang menemukan cara untuk men-download GCam ke smartphone Android dan menggunakan aplikasi tersebut dengan stabil. Cara yang dimaksud adalah menyiapkan file config terlebih dahulu sebelum menginstal aplikasi GCam itu sendiri.

Apa itu GCam?

Selain menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone, terkadang orang-orang menggunakan aplikasi lain untuk memotret agar kualitas gambar yang dihasilkan bisa lebih baik.

Nah, salah satu aplikasi yang bisa dikenal luas mampu memberikan hasil foto yang baik adalah aplikasi GCam. Aplikasi ini adalah aplikasi kamera yang dikembangkan Google di tahun 2011 sebagai proyek riset pengembangan Google Glass yang berada di bawah komando Marc Levoy.

Awalnya, aplikasi GCam dapat digunakan di semua smartphone Android. Asalkan, sistem operasi yang terinstal adalah Android 4.4 (Kitkat) atau versi lain yang lebih baru. Sayangnya, saat ini Google membatasi penggunaan GCam hanya untuk para pengguna smartphone Google Pixel dan media player Google Nexus.

Karena alasan tersebut, tidak heran para pengguna smartphone Android non Google Pixel banyak yang mencari cara bagaimana untuk menginstal aplikasi ini di smartphone mereka. Pasalnya, GCam bisa dijumpai di PlayStore, tetapi tidak bisa diunduh ke smartphone.

Mengapa Aplikasi GCam Spesial?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa aplikasi GCam begitu ‘diinginkan’ oleh para pengguna smartphone Android.

Alasan utama mengapa aplikasi ini menjadi aplikasi yang banyak diincar adalah karena beragam fitur yang tidak bisa mereka jumpai di aplikasi kamera smartphone bawaan. Kalaupun ada smartphone yang menawarkan fitur tersebut, fitur yang dimaksud tidak sebagus fitur yang ditawarkan di GCam.

Fitur-fitur unik di GCam

Apa saja, sih, fitur-fitur unik yang menjadi unggulan aplikasi GCam? Berikut adalah lima fitur unik GCam yang menjadi incaran para pengguna smartphone Android.

  • HDR+
  • Night Sight
  • Photo Sphere
  • Portrait Mode
  • Super Res Zoom

Penasaran fitur seperti apa fitur GCam yang sudah disebutkan? Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing fitur agar Anda tidak bingung jika ingin download GCam.

1. HDR+

Jika di smartphone Android pada umumnya Anda bisa menjumpai fitur HDR (High Dynamic Range) biasa, GCam memberikan fitur HDR+. Apa itu fitur HDR+ di GCam?

Fitur HDR+ GCam merupakan fitur yang menggunakan teknik komputasi fotografi untuk menghasilkan foto dengan dynamic range yang lebih baik.

Dengan fitur ini, kamera smartphone akan diatur untuk membidik gambar secara terus menerus dengan eksposur yang pendek. Ketika Anda menekan shutter, kamera akan mengambil banyak gambar secara cepat, lalu menyeleksi 5-15 frame foto yang paling baik untuk digabungkan menjadi sebuah jepretan yang memiliki detail yang tajam.

HDR+ juga menggunakan teknologi khusus untuk mendeteksi wajah dalam sebuah foto, serta mencerahkan foto yang underexposured (gelap) dengan menggunakan flash buatan. Jika Anda memotret pemandangan dan hasil foto terlalu overexposured (terang), maka fitur HDR+ ini akan menurunkan pencahayaannya sehingga hasil foto bisa terlihat lebih baik.

HDR+ juga membantu Anda untuk mengurangi noise pada gambar, mengurangi highlights (sorot cahaya berlebihan), serta menurunkan persentase munculnya gambar blur.

2. Night Sight

Bayangkan Anda sedang berkunjung ke sebuah festival yang dilaksanakan pada malam hari. Nah, tentunya mengabadikan momen tersebut menjadi sebuah ‘agenda’ yang perlu dilakukan, bukan?

Sayangnya, tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan kemampuan andal mengambil kamera dengan pencahayaan yang minim seperti pada saat malam hari.

Kabar baik untuk Anda: fitur Night Sight di GCam bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan baik pada saat malam hari. Dengan Google camera apk dapat membantu foto di malam hari atau gelap.

Ketika Anda menggunakan versi Gcam Lmc 8.4 ini, kamera Anda bisa digunakan untuk ‘menyulap’ foto yang diambil di tempat gelap menjadi foto yang tampak cukup terang (tanpa flash) tanpa menghasilkan noise.

Bagaimana cara kerja fitur ini? Pada intinya, fitur Night Sight memiliki cara kerja yang sama dengan teknik exposure stacking. Teknik yang dibuat dengan gabungan algoritma HDR+ dan Super Res Zoom ( ini biasa dijumpai pada kegiatan astrofotografi.

Jadi, per satu kali jepret, kamera Anda bisa menjepret banyak gambar dalam berbagai macam tingkat pencahayaan (exposure).

Nantinya, aplikasi akan memproses banyak jepretan tersebut dan menggabungkan frame-frame yang memiliki pencahayaan baik untuk menghasilkan gambar yang lebih terang.

3. Photo Sphere

Fitur yang pastinya membuat Anda ingin melakukan download GCam adalah Photo Sphere. Dengan fitur ini, fitur Photo Sphere bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan foto panorama 360o.

Foto panorama 360o ini merupakan jenis foto yang bisa Anda jumpai saat membuka Google Maps. Jadi, Anda dapat menggeser gambar ke kanan, kiri, atas, dan bawah untuk melihat keseluruhan area yang difoto. Anda dapat melihat keseluruhan area tanpa perlu memotret satu per satu gambar lingkungan sekitar dan menggabungkannya menjadi satu gambar.

4. Portrait mode

Fitur GCam selanjutnya adalah Portrait Mode. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan hasil foto portrait dengan hasil jepretan yang sebagus hasil jepretan kamera profesional. Sama seperti fitur-fitur lainnya, fitur Portrait mode ini juga menjadi salah satu fitur unggulan yang menarik para pengguna Android untuk download GCam.

Cara Kerja Fitur Portrait Mode pada GCam

Ketika mode ini diaktifkan, aplikasi kamera GCam akan mengambil gambar sebagaimana biasanya dengan mode HDR+. Setelah itu, teknologi neural metwork yang dikembangkan Google akan mendeteksi objek utama—baik itu manusia, tumbuhan, maupun hewan.

Teknologi neural network ini akan didukung oleh teknologi lainnya bernama dual pixel. Teknologi ini bermanfaat untuk memberikan fokus pada gambar.

Cara kerja kamera GCam selanjutnya pada fitur Portrait mode adalah memberikan efek bokeh (blur) pada bagian gambar di luar objek fokus. Inilah fitur GCam yang membuat hasil jepretan gambar jadi terlihat seperti hasil jepretan profesional.

Meski saat ini sudah banyak smartphone Android yang memberikan fitur serupa, Portrait mode dari GCam dikenal memberikan efek bokeh yang rapi sehingga terkesan alami.

5. Super Res Zoom

Fitur GCam selanjutnya yang membuat orang-orang menjadi tertarik untuk download GCam adalah Super Res Zoom.

Sebagaimana mungkin sudah Anda ketahui, digital zooming merupakan salah satu fitur pada kamera smartphone Android yang cukup sering digunakan. Dengan digital zooming, Anda bisa memotret gambar yang berada di posisi jauh dengan mudah.

Sayangnya, digital zooming sering kali mengakibatkan gambar Anda menjadi blur. Selain itu, banyak noise yang muncul karena penggunaan fitur ini.

Nah, aplikasi GCam adalah aplikasi yang cocok untuk mengatasi permasalahan ini. Adalah fitur Super Res Zoom, sebuah fitur yang membantu zooming gambar tanpa blur, tanpa noise, dan tentunya dengan detail yang jelas.

Selain lima fitur di atas, GCam versi terbaru juga memiliki banyak fitur lain. Misalnya seperti mode astrofotografi, RAW, Low-light photography, Ultra Wide Lens, Cinematic Pan (video), dsb.

Cara Mengunduh Aplikasi GCam ke Smartphone Anda

Penasaran bagaimana cara mengunduh aplikasi GCam ke smartphone Anda?

Penting untuk Anda ketahui bahwa pada dasarnya tidak semua smartphone bisa menggunakan aplikasi GCam. Aplikasi ini hanya bisa diinstal langsung dari PlayStore hanya jika Anda menggunakan smartphone Google Pixel serta Google Nexus.

Meski demikian, berkat bantuan para developer saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi GCam di smartphone Android apa pun.

Untuk menginstal GCam, Anda perlu download Google camera versi modnya. Lalu, Anda membutuhkan sebuah pemasangan GCam config supaya aplikasi bisa dioperasikan dengan lebih stabil.

Saat ini, ada banyak ragam config yang bisa Anda jumpai untuk membantu instalasi GCam di smartphone Anda. Pilih salah satu, lalu lakukan konfigurasi Google Camera (GCam) dengan file config yang telah diunduh.

Prosedur Download GCam

Setelah Anda mendapatkan file config, unduh aplikasi GCam ke smartphone Anda. Cara yang perlu Anda lakukan sama seperti ketika Anda ingin mengunduh aplikasi lain ke smartphone, yaitu:

  • Buka aplikasi PlayStore (Google Play).
  • Cari ‘Google Cam’ di kotak pencarian.
  • Lihat kompatibilitas smartphone Anda dengan aplikasi tersebut. Jika smartphone Anda dinyatakan kompatibel dengan aplikasi tersebut, Anda bisa langsung klik Instal untuk memulai pengunduhan dan instalasi.
  • Tunggu hingga aplikasi selesai diunduh.

Sayangnya, tidak semua smartphone bisa download GCam dari Playstore. Jika smartphone Anda tidak bisa mengunduh aplikasi GCam dari PlayStore, maka Anda bisa mendapatkan aplikasi GCam mod dari sumber pihak ketiga di internet.

Salah satu penyedia GCam adalah situs celsoazevedo yang bisa Anda dapatkan link download Gcam mode malam dan jenis kamera google lainnya.

Jadi, coba cari link untuk mengunduh aplikasi ini dengan mengetikkan ‘download GCam’ di search engine. Lalu, temukan link unduh GCam dari salah satu link yang tersedia di sana.

Setelah download GCam selesai dilakukan, lakukan instalasi aplikasi tersebut di smartphone Anda.

Bagaimana jika smartphone Anda tidak mengizinkan instalasi aplikasi pihak ketiga? Anda bisa menyalakan pengaturan untuk mengizinkan instalasi aplikasi yang diunduh dari pihak ketiga (tidak dari Google Play).

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tetap lakukan instalasi aplikasi GCam yang sudah diunduh.
  • Ketika muncul peringatan, berikan izin kepada App Installer untuk menginstal aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal.
  • Lanjutkan instalasi aplikasi.

Ragam Config GCam

Sebagaimana disebutkan, ada berbagai ragam file config GCam yang bisa Anda cari di internet untuk menstabilkan penggunaan GCam di smartphone Anda.

Beberapa ragam file GCam itu antara lain:

  • Config GCam oleh Nikita
  • Config GCam oleh Arnova
  • Config GCam oleh UltraCVM Mod
  • Config GCam PX Urnyx/sctark
  • Config GCam BSG
  • Config GCam Wichaya

Dari beberapa jenis config GCam di atas, config GCam BSG, Nikita, dan Arnova adalah beberapa jenis config yang paling terkenal.

Memasang Config GCam

Setelah melakukan instalasi aplikasi, langkah selanjutnya adalah memasang config GCam di smartphone Anda.

Untuk melakukan pemasangan config GCam, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Cam di smartphone.
  2. Masuk ke dalam pengaturan aplikasi GCam.
  3. Pilih opsi ‘Save config file’, lalu klik ‘Save the config file’.
  4. Setelah Anda mengklik ‘Save the config file’, akan ada folder baru yang terbuat. Anda bisa memberi folder ini nama sesuai dengan keinginan.
  5. Ingat lokasi tempat Anda membuat folder tersebut.
  6. Selanjutnya, Anda hanya perlu memindahkan file config yang sudah diunduh ke folder yang baru saja dibuat. Untuk memindahkannya, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi File Manager.
  7. Setelah itu, buka kembali aplikasi Google Camera.
  8. Klik tap dua kali di area hitam sebelah tombol Shutter.
  9. Pilih file Config, lalu kembali ke kamera.

Dengan menerapkan step-step tersebut, Anda sudah selesai memasang file config GCam.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Terkait dengan download GCam dan instalasi GCam, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Instalasi aplikasi pihak ketiga mungkin akan membahayakan smartphone Anda.

Karena aplikasi GCam yang diinstalasi tidak berasal dari sumber yang kredibel, risiko aplikasi tersebut membawa malware/virus ke smartphone Anda juga tidak kecil. Maka dari itu, pastikan untuk tidak mengunduh aplikasi dari situs yang mencurigakan. Jika diperlukan, siapkan aplikasi antivirus untuk mencegah serangan terhadap smartphone Anda.

Pastikan config GCam yang Anda unduh dan gunakan sesuai dengan versi aplikasi yang digunakan.

Apabila file config GCam yang Anda gunakan tidak sesuai dengan versi aplikasi yang diinstal, maka besar kemungkinan file config tidak bisa dimuat dengan benar. Karena alasan inilah, ada baiknya untuk perlu memastikan versi aplikasi GCam terlebih dahulu sebelum mengunduh file confignya.

Apa Gunanya Menggunakan File Config?

Mungkin Anda penasaran mengapa setelah download GCam Anda perlu menggunakan file config. Apakah aplikasi GCam tidak dapat dioperasikan dengan menggunakan file config?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, tidak semua smartphone Android bisa mengunduh aplikasi GCam secara langsung di PlayStore. Pasalnya, Google sebagai pengembang aplikasi tersebut hanya membatasi instalasi GCam hanya di smartphone Google Pixel dan Google Nexus.

Inilah alasan banyak pengembang aplikasi yang mengeluarkan aplikasi mod GCam. Aplikasi ini bukan aplikasi resmi GCam dari Google, tetapi dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki fitur yang serupa dengan aplikasi resminya.

Salah satu kelebihan aplikasi mod ini adalah bisa digunakan oleh semua brand smartphone—tidak terbatas pada Google Pixel maupun Google Nexus.

Meski menguntungkan bagi para pengguna smartphone, aplikasi mod ini bukannya hadir tanpa kendala. Aplikasi mod terkadang tidak stabil, dan karenanya config file dibutuhkan untuk membuat aplikasi bisa dijalankan dengan stabil. File config bisa membantu aplikasi mod untuk ‘berkomunikasi’ dengan sistem operasi dengan lebih baik sehingga fungsinya pun bisa digunakan lebih baik.

Sebagai simpulan, aplikasi GCam adalah aplikasi kamera keluaran Google yang memiliki banyak fitur keren seperti HDR+, Super Res Zoom, Portrait Mode (mode foto portrait untuk mendapatkan mode foto layaknya hasil jepretan kamera profesional), Night Shift, serta Photo Sphere.

Tidak semua smartphone Android bisa download GCam langsung dari PlayStore. Pasalnya, Google membatasi penggunaan aplikasi GCam asli hanya untuk smartphone Google Pixel dan Google Nexus saja.

Karenanya, banyak pengembang aplikasi membuat aplikasi GCam mod agar semua smartphone Android bisa menggunakan aplikasi tersebut. Nah, agar aplikasi mod bisa berjalan dengan stabil, Anda perlu menggunakan file config. File config ini bisa Anda unduh dengan mudah di internet. Lalu, tambahkan file config sesuai dengan prosedur yang sudah disebutkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana cara download GCam dan bagaimana cara menggunakan file config untuk membuat kinerja aplikasi GCam menjadi lebih stabil. Semoga informasi ini membantu, ya!

 

FAQ

Bagaimana cara download GCam?

Untuk download GCam, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu di PlayStore. Jika smartphone Anda kompatibel dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya langsung dari PlayStore.

Apabila smartphone Anda dinyatakan tidak kompatibel, Anda bisa mengunduhnya dari situs lain. Coba cari link untuk mengunduh aplikasi tersebut melalui search engine.

Apa saja fitur bagus dari GCam?

Ada beberapa fitur menarik yang membuat orang tertarik untuk download GCam, di antaranya:

  1. HDR+
  2. Night Sight
  3. Photo Sphere
  4. Portrait Mode
  5. Super Res Zoom

Mengapa perlu menggunakan file config GCam?

File config GCam dibutuhkan agar aplikasi mod GCam yang Anda jalankan di smartphone bisa stabil. Ini penting apabila Anda menggunakan aplikasi GCam mod yang diunduh di situs selain PlayStore.

About Phone

Check Also

aplikasi cetak foto berbagai ukuran

10 Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran dalam Satu Lembar

Masa dimana mencetak foto dalam berbagai kualitas dan ukuran di tempat cetak foto telah berakhir. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *