Cara Reset Otomatis Printer Epson L310 Yang Perlu Diketahui

Termasuk mumpuni dan terjangkau untuk ukuran printer entry level, Epson seri L 310 bahkan memiliki kapasitas mencetak 4000 dokumen dengan kecepatan dan hasil yang tidak mengecewakan. Akan tetapi, terkadang perangkat ini dapat mengalami masalah dan meminta reset otomatis sebagai salah satu solusi praktis. Nah, bagaimana cara reset Epson L310 ini? Simak panduan kami; Abiphone.com.

Ketika Epson L310 Meminta Reset

Praktis dan ringkas, Epson L310 merupakan salah satu printer Epson yang sudah mengusung teknologi tabung tinta eksternal yang terpisah dari kartrid. Dengan harga Epson L310 yang relatif terjangkau, memberikan keunggulan efisiensi tinta maupun kemudahan mengisi ulang tinta alat cetak ini. 

Ketika melihat lampu indikator printer berkedip atau menyala secara bergantian, itu merupakan salah satu tanda bahwa printer sedang mengalami masalah. Perangkat ini bahkan tidak dapat digunakan untuk mencetak seperti biasa. 

Memori penghitung cetakan mencapai titik maksimal

Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan printer sudah mencapai titik pakai maksimalnya. Kebanyakan printer memiliki yang disebut penghitung cetakan (main pad counter) dan ketika memorinya sudah melampaui batas, maka akan terjadi eror.

Batas penghitungan memori untuk kebanyakan printer berada dari angka 6000 sampai 10,000. Jika melewati batas ini (sudah penuh), maka printer akan meminta pemeliharaan (chip reset), misalnya dengan cara reset Epson L310 sehingga dapat kembali berfungsi normal. 

Pembuangan tinta penuh

Tanda lain ketika printer mengalami masalah adalah tempat tinta pembuangan yang sudah penuh, biasanya dengan munculnya notifikasi yang berbunyi waste ink pad full atau service required

Cara Reset Printer Epson L310

Jika printer mengalami eror maka pertolongan pertama yang dapat dilakukan secara mandiri adalah reset otomatis dengan menggunakan aplikasi atau resetter. Berikut langkah-langkah yang dapat diambil.

Resetter untuk printer Epson seri L310 dapat diperoleh di beberapa situs yang menyediakan software resetter secara online. 

Umumnya, resetter Epson L310 ini memiliki tiga fitur sebagai berikut:

  • Menu adjustment – terdiri dari antara lain initial setting, head angular adjustment dan banyak adjustment lainnya, CR dan PF heat protection control, dll.
  • Maintenancehead cleaning, ink charge, Waste ink pad counter, dst.
  • Appendixfinal check pattern print, EEPROM dump, printer information check, dan paper feed test
  • Reset Epson L310

Berikut cara reset setelah kita berhasil mengunduh apliaksi resetter Epson L310.

  • Mengekstrak hasil unduhan resetter dan membuka file yang bernama Adjprog. 
  • Jika bagian Model belum terisi (not selected), pilih menu Select dari kotak dialog yang muncul.
  • Memilih jenis seri printer pada bagian Model Name, yaitu Epson L310, dan memilih jenis port (bagian belakkang mencantumkan seri printer yang digunakan), kemudian menekan tombol OK.
  • Mengklik menu Particular adjustment mode yang menampilkan bermacam Adjustment dan Maintenance yang dapat dipilih, silahkan klik Waste ink pad counter dan tekan OK.
  • Mencentang bagian Main pad counter dan tekan tombol Check, lalu mengulangi mencentang bagian Main pad counter
  • Mencentang bagian Initialize dan menekan tombol OK.
  • Menunggu proses loading sampai selesai.
  • Menekan tombol OK ketika kotak dialog Information muncul yang meminta supaya printer dimatikan. 
  • Mematikan printer seperti biasa dengan menekan atau menahan tombol power selama beberapa detik sampai lampu indikator mati.
  • Menutup jendela aplikasi resetter.
  • Menyalakan printer seperti biasa dengan menekan tombol power satu kali. 
  • Printer sudah bisa digunakan kembali – mengecek dengan mencoba mencetak satu atau dua lembar dokumen.

Semoga cara reset Epson L310 di atas dapat bermanfaat sebagai salah satu solusi mengatasi printer yang mengalami masalah. Pengetahuan ini dapat sangat membantu ketika printer mengalami kendala yang memang dapat terjadi sewaktu-waktu.

About Phone

Check Also

Tingkatan Prosesor AMD

11 Tingkatan Prosesor AMD dari Awal Sampai yang Terbaru

Ketika hendak membeli sebuah laptop, salah satu spesifikasi yang penting diperhatikan adalah prosesor. Seperti yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *