Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dan iOs

Ada kalanya seseorang tak sengaja menghapus sebuah foto yang sebenarnya masih diperlukan di ponselnya. Setelah penghapusan dilakukan, beberapa orang mungkin kebingungan untuk mengembalikannya lagi.

Simak penjelasan cara mengembalikkan foto yang terhapus di bawah ini ntuk mengetahui recovery image yang terhapus di HP dengan berbagai metode.

Cara Memulihkan Foto yang Terhapus di HP

Bagi sebagian orang, foto-foto yang terhapus mungkin masih berguna. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengembalikannya. Berikut tips memulihkan foto terhapus di HP Anda

Mengembalikan Foto Terhapus di Galeri (untuk Perangkat Android)

Foto yang terhapus di galeri pada perangkat Android bisa dikembalikan lagi. Berikut langkah-langkah mengembalikan foto terhapus di galeri:

Buka galeri pada perangkat.
Klik ikon titik tiga di kanan atas lalu pilih ‘Trash’ atau ‘Bin’.
Cari foto-foto yang ingin dikembalikan dengan menekannya selama beberapa detik.
Klik ‘Restore’ dan foto akan dikembalikan ke galeri.

Perlu diketahui bahwa langkah mengembalikan foto ini hanya bisa dilakukan apabila pengguna melakukan pengaturan untuk memindahkan foto yang dihapus ke tempat sampah. Namun bila pengguna tidak melakukan pengaturan tersebut, foto bisa saja terhapus secara permanen dari perangkat.

Mengembalikan Foto yang Terhapus pada Perangkat iOS

Foto yang telah dihapus di perangkat dengan sistem operasi iOS juga bisa dikembalikan. Sebab, setiap foto yang terhapus akan masuk ke album yang secara default bernama ‘Baru Dihapus’. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan foto terhapus di perangkat iOS:

  1. Klik ‘Foto’ pada perangkat iOS.
  2. Masuk ke folder Album lalu klik ‘Utilitas’ dan pilih album ‘Baru Dihapus’. Gunakan Touch ID atau Face ID untuk masuk ek album tersebut.
  3. Klik foto-foto yang ingin dikembalikan lalu tekan opsi ‘Pilih’
  4. Klik ‘Pulihkan’ dan lakuakn konfirmasi untuk pemulihan foto.

Gunakan DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk memulihkan foto-foto baik dari memori internal maupun eksternal yang terhapus. DigDeep Image Recovery bisa didapatkan di Play Store dan dapat digunakan di perangkat Android apa pun. Setelah masuk ke aplikasi, DigDeep Recovery akan secara otomatis melakukan scanning dan dapat memulihkan foto yang telah hilang.

Gunakan Dumpster

Dumpster merupakan aplikasi penyimpanan yang bertindak layaknya cloud storage. Bila aplikasi cloud ini sudah terinstal di perangkat, maka Dumpster akan menyimpan foto-foto yang telah terhapus di Bin Dumpster. Bila suatu saat pengguna membutuhkan kembali foto-foto yang terhapus, maka cukup membuka bin dan memulihkan foto-foto yang diinginkan.

Namun perlu diingat bahwa Dumpster hanya bisa menyimpan dan memulihkan foto setelah aplikasi terinstal dan tidak bisa memulihkan foto-foto yang telah terhapus sebelum aplikasi terpasang.

Gunakan Aplikasi Dr.Fone

Dr.Fone merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan berbagai jenis file terhapus, tak terkecuali foto. Pada aplikasi ini terdapat recycle bin yang menjadi tempat pembuangan file tak terpakai. Nantinya, pengguna dapat memulihkan kembali file yang telah ditampung dalam recycle bin.

Gunakan Bantuan Google Photos

Google Photos bisa menjadi alat bantu terkait penyimpanan foto-foto yang ada di HP. Penggunaan fitur bawaan ponsel ini sesungguhnya bukan merupakan upaya pemulihan foto yang telah terhapus, melainkan upaya preventif agar pengguna tidak kehilangan foto-foto yang dianggap penting.

Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut yaitu dengan membuka Google Photos lalu pilih opsi ‘Pengaturan’. Setelahnya,  klik ‘Backup & Sync’ dan pilih metode serta frekuensi pencadangan foto.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Anda bisa lakukan tips-tips di atas bila ingin memulihkan foto-foto yang sekiranya masih penting.

About Phone

Check Also

3 Cara Download Subtitle Youtube Paling Mudah

3 Cara Download Subtitle Youtube Online & Aplikasi

Subtitle merupakan bagian penting dari sebuah video. Ketika mendownload video Youtube, kebanyakan orang lupa tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *