Cara Mengatasi Head Epson L1800 Rusak

Head pada printer merupakan bagian yang sering rusak dan kaan menimbulkan berbagai masalah pada hasil cetakan. Kerusakan head printer mungkin juga akan terjadi pada Epson L1800 yang Anda miliki. Bila kerusakan terjadi, diperlukan langkah-langkah tertentu untuk mengatasinya agar bisa berfusngsi speerti sedia kala.

Jika spare part ini rusak, sayang jika langsung diganti mengingat harga head printer Epson L1800 tidaklah murah. So, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetasi cara mengatasi head Epson L1800 rusak berikut penyebab kerusakan pada head printer.

Epson L1800, Printer Serbaguna untuk Pencetakan A3

Epson L1800 adalah salah satu pilihan bagi mereka yang menginginkan printer untuk berbagai file pada media berukuran besar seperti keras A3 atau A3+. Tak hanya dapat digunakan untuk pencetakan pada media yang besar, Epson L1800 juga menjadi printer yang dapat menjanjikan peningkatan hasil kerja dan efisiensi waktu berkat dukungan teknologi pencetakan cepat.

Sebagai printer serbaguna, Epson L800 memiliki sistem pertintaan yang baik. Printer ini dibekali Micro Piezo yang membuatnya dapat mencetak dengan resolusi tinggi (hingga 5760 dpi). Epson L1800 juga dibekali enam gamut warna yang hasil ekspansi. Hal ini tentu membuat hasil cetakan printer ini memiliki gradasi warna yang smooth dan sempurna.

Penyebab Head Printer Rusak

Head pada printer yang rusak ditandai dengan beberapa hal, seperti hasil pencetakan yang tidak sempurna (cetakan yang buram, putus-putus, atau bergaris) atau bahkan tinta yang tidak keluar sama sekali saat mencetak. Beberapa hal dapat menyebabkan kerusakan head printer. Apa sajakah itu?

  • Printer Tidak Dipakai dalam Jangka Waktu Lama

Printer yang sudah terlalu lama tidak dipakai dapat membuat head yang ada tidak bisa berfungsi dengan baik. Printer yang dibiarkan begitu saja dapat membuat head tersumbat oleh tinta sehingga mengalami kebuntuan dan menyebabka hasil cetakan tidak sempurna saat akan digunakan kembali.

  • Mencetak Terlalu Banyak File

Pencetakan file yang terlalu banyak dapat menyebabkan head printer menjadi rusak. Printer yang dipaksa mencetak ratusan dokumen sekaligus dalam sekali proses (yang seharusnya dilakukan beberapa kali atau secara bertahap), dapat membuat catridge menjadi panas dan memicu penyumbatan pada printhead.

  • Tinta Digunakan Sampai Benar-benar Habis

Penggunaan printer untuk mencetak terus menerus hingga tinta benar-benar habis adalah alasan lain mengapa head bisa rusak. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah jangan membiarkan catridge dalam keadaan kosong dan segera isi bila tinta akan habis.

Cara Mengatasi Print Head l1800 yang Rusak

head printer epson l1800
print head epson l1800

Head Epson L1800 yang rusak bisa dibawa ke tempat servis untuk direparasi. Namun bila kerusakan sudah fatal, maka Anda perlu membeli yang baru. Selain dua cara praktis tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi print head L1800 yang tidak berfungsi, yaitu:

  • Lakukan Pencetakan Berkala

Bila printer tidak secara kontinu digunakan, maka pengguna perlu melakukan pencetakan berkala. Hal ini bertujuan untuk mencegah tinta pada head mengering atau menguras tinta kering agar tidak menyumbat.

  • Gunakan Tinta Terbaik

Bila ingin mengurangi atau mencegah kerusakan pada head printer, maka perlu menggunakan tinta terbaik. Tinta yang baik adalah yang sesuai dengan seri printer (Epson L1800) serta tidak bergonta-ganti merek.

  • Mengistirahatkan Printer

Mengistirahatkan printer adalah solusi untuk mengurangi kemungkinan kerusakan pada head. Bila melakukan pencetakan secara kontinu dengan jumlah banyak, berikan jeda pada printer selama beberapa menit agar catridge memiliki waktu untuk penurunan suhu.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi head Epson L1800 rusak berikut penyebab kerusakannya. Jangan lupa, untuk meminimalisir kerusakan sangat disarankan menggunakan head Epson L1800 original dari vendor atau distributor resminya.

About Phone

Check Also

Cara Restore Windows 7 ke Tanggal Tertentu

2 Cara Restore Windows 7 ke Tanggal Tertentu

Jangan khawatir jika komputer Anda tiba-tiba mengalami masalah atau error, Anda butuh cara restore Windows …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *