Cara Membuat Gradient Transparan di Photoshop

Siapa yang tidak terpesona oleh efek visual yang memukau? Terkadang, dalam dunia desain grafis, hal kecil seperti gradient transparan bisa membuat perbedaan mencolok dalam tampilan suatu proyek.

Photoshop adalah software andalan bagi para desainer grafis, dan jika Anda ingin tahu bagaiaman cara membuat gradient transparan di Photoshop yang mudah, ikuti tutorial berikut.

Membuat Gradient Transparan di Photoshop

Dalam desain, efek gradasi dapat memberikan sentuhan berbeda. Ini bisa Anda terapkan di berbagai desain, termasuk banner YT. Setelah ukuran banner YouTube diketahui, Anda bisa mulai mengaplikasikan perpindahan warna ini di dalamnya. Untuk menciptakan warna gradasi menggunakan PS, ikuti langkah demi langkah berikut:

1.Buat Layer Baru

Langkah pertama dalam membuat gradient transparan di Photoshop adalah membuat layer baru. Cari ini memungkinkan Anda untuk mengaplikasikan gradasi warna tanpa mengubah gambar background yang sudah ada. Ikuti langkah ini:

Klik ikon “New Layer” di bagian bawah panel Layers. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Command-Option-Shift-N (Mac) atau Control-Alt-Shift-N (Windows) untuk tindakan yang lebih cepat.

2. Pilih Gradient Tool

Langkah selanjutnya adalah memilih alat yang tepat untuk membuat gradient transparan. Ikuti instruksi ini:

Pilih “Gradient Tool” dengan mengklik ikonnya di toolbar atau tekan tombol “G” pada keyboard Anda.

Buka “Gradient Editor” dengan mengklik ikonnya di toolbar atas.

3. Pilih Gradient yang Sesuai

Membuat Gradient Transparan di Photoshop Gradient Editor

Di dalam “Gradient Editor,” Anda akan menemukan berbagai preset gradient yang menarik. Namun, kita tertarik pada gradient yang berwarna “Foreground to Transparent.” Inilah yang akan memberi efek transparan pada gradient Anda. Ikuti langkah ini:

Pilih “Foreground to Transparent” dari daftar gradient. Biasanya, ini akan terlihat seperti sebuah kotak warna yang berubah menjadi kotak putih bergaris-garis. Bagian kotak putih dengan garis-garis ini menunjukkan bagian yang akan menjadi transparan dalam gradient Anda.

4. Pilih Warna Foreground

Cara-Membuat-Gradient-Transparan-di-Photoshop-foreground-to-transparent

Warna yang Anda pilih untuk latar depan gradient akan memengaruhi hasil akhirnya. Anda dapat bermain-main dengan berbagai warna untuk mencapai efek yang diinginkan. Ikuti langkah ini:

Klik kotak warna di bagian bawah toolbar untuk memilih warna foreground yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan warna menggunakan “color picker.”

5. Terapkan Gradient Transparan

Saatnya untuk mengambil kendali penuh atas gradient transparan Anda. Ikuti petunjuk ini:

Dengan “Gradient Tool” yang telah Anda pilih, klik dan seret mouse di atas kanvas. Anda dapat mengatur arah dan panjang gradient sesuai dengan preferensi Anda. Cobalah berbagai kombinasi hingga Anda mencapai tampilan yang Anda inginkan.

Dengan langkah terakhir dari cara membuat gradient transparan di Photoshop ini, Anda telah berhasil menciptakan gradient transparan yang aesthetic. Selain menggunakan Photoshop, Anda dapat memakai layanan edit foto online yang viral akhir-akhir ini.

About Phone

Check Also

Ukuran Spanduk

Ukuran Spanduk Standar yang Paling Umum

Spanduk adalah salah satu media informasi yang diandalkan oleh banyak organisasi komersil dan non-komersil untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *